Terciduk Berkampanye Tanpa Izin di Solo, Istri Giring PSI Dilapor ke Panwascam Pasar Kliwon

| 14 Dec 2023 08:23
Terciduk Berkampanye Tanpa Izin di Solo, Istri Giring PSI Dilapor ke Panwascam Pasar Kliwon
Aleg nomor urut 1 DPR RI Dapil 5 dari PSI Cynthia Riza bersama suaminya, Giring Ganesha saat menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo pada Bulan Mei lalu. (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Calon Legislatif (Caleg) nomor urut 1 DPR RI Dapil 5 Jawa Tengah dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cynthia Riza dilaporkan ke Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pasar Kliwon, Solo.

Istri dari Dewan Pembina DPP PSI Giring Ganesha ini terciduk menggelar kampanye tertutup pada Senin (11/12/2023) lalu dan tidak ada pemberitahuan soal itu.

Ketua Panwascam Pasar Kliwon, Solo Agus Anwari mengatakan bahwa pelapornya yakni Ketua RW 03 Semanggi, Pasar Kliwon, Solo bernama Yuli EKo Nugroho.

Dia melaporkan adanya kegiatan kampanye yang tak berizin. Sementara yang dilaporkan yakni tim sukses (timses) caleg bernama Yudi Pandiyanto, Caleg PSI Dapil 5 Jawa Tengah  Cynthia Riza, dan Caleg DPRD Tingkat 2 PSI Dapil 1 Solo Jalu Aji Darna.

”Laporannya sudah kami terima, pelanggarannya kampanye tanpa pemberitahuan,” kata Agus Anwari pada Rabu (13/12/2023) kemarin.

Saat ini Panwascam Pasar Kliwon sudah memeriksa dua terlapor, yakni Yudi Pandiyanto dan Jalu Aji Darna. Sementara untuk Cynthia akan dimintai keterangan di waktu yang berbeda. ”Hari ini kami memeriksa Yudi selaku timses dari Cynthia,” katanya.

Pasca pelaporan ini, Agus mengimbau agar kampanye harus ada pemberitahuan minimal pada H-1 agenda berlangsung. Tim kampanye juga harus mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Polresta Solo.

Dengan adanya laporan ini, Agus mengapresiasinya, sebab semua sudah sesuai dengan ketentuan dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 15 tahun 2023.

”Saya mengapresiasi laporan ini, sebab caleg ke sini pada 28 November dan tidak mengantongi STTP. Padahal STTP harus ada, baik saat kampanye terbuka maupun tertutup,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Antonius Yogo Prabowo membenarkan adanya laporan tersebut.

”Semalam (Selasa) saya baru dapat laporan surat (Cynthia dilaporkan Panwascam Pasar Kliwon Solo) tersebut. Nanti akan kami diskusikan dulu dengan partai (terkait pemanggilan ini),” ujar Yogo singkat via aplikasi whatsapp.

Rekomendasi