Sering Dimaki, Alasan Pria Bunuh Bapak-Anak dalam Ruko Pakai Gunting di Maros Sulsel

| 14 Dec 2023 13:24
Sering Dimaki, Alasan Pria Bunuh Bapak-Anak dalam Ruko Pakai Gunting di Maros Sulsel
Polres Maros saat memamerkan Black, pembunuh bapak-anak yang gegerkan Maros. (Antara)

ERA.id - Jajaran Polres Maros memamerkan A (20) alias Black, pembunuh pengusaha roti Maros yakni Makmur (ayah) dan Abdillah bin Makmur (anak) pada Rabu, 6 Desember 2023 dini hari, di dalam rumahnya Jalan Poros Maros-Makassar, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

"Pelaku ditangkap di sekitar Maros," ujar Wakil Kepala Polres Maros, AKP Andi Alamsyah saat rilis kasus di Mapolres setempat, Selasa silam.

Ia menjelaskan motif pelaku membunuh karena sering dihina oleh korban Makmur. "Korban menegur dengan bahasa-bahasa kasar bahkan memplototinya dan itu tidak baik kepada pelaku. Jadi, pelaku ini sering nongkrong di depan rumah korban, di situ ada wifi gratis," katanya.

Karena sering ditegur oleh dua korban ini yang merupakan pengusaha roti Maros dengan alasan menghalangi ada mobil keluar dan masuk membeli roti, pelaku kemudian dendam dan terus memikirkan kata-kata yang dilontarkan korban.

"Pelaku tidak ada hubungan dengan korban. Tapi pelaku bekerja di belakang rumah korban. Pelaku ini menjalankan aksinya dari pintu kamar yang ada jendela kecil, lalu merangkak, kemudian masuk ke rumah dan menghabisi nyawa kedua korban," tuturnya.  

Korban pertama yang dieksekusi yakni anaknya Abdillah bin Makmur (27) dengan menggunakan gunting yang ada dalam rumah. Selanjutnya, Makmur, (53) ayahnya. Kejadian itu pada dini hari , kata Alamsyah, sempat terjadi duel antara korban dengan pelaku, hingga akhirnya keduanya tewas mengenaskan.

"Pelaku sudah merencanakan sejak tanggal 3 Desember, dan puncaknya pada tanggal 6 Desember jam 10 malam. Pelaku teringat kemudian terngiang-ngiang kata-kata kasar korban dan sudah berniat membunuh," ungkapnya.

Sedangkan untuk luka dialami korban Abdillah terdapat 17 tusukan di tubuhnya, dan Makmur 12 tusukan di tubuhnya, pelaku menggunakan gunting saat beraksi.

Pelaku kini ditahan di sel Polres Maros untuk diperiksa lanjutan. Akibat dari perbuatannya tersebut, pelaku terancam hukuman mati karena telah merencanakan pembunuhan.

"Kita terapkan hukuman pasal 340 dan pasal 338 KUHPidana dengan ancaman hukuman mati, seumur hidup atu penjara selama-lamanya 20 tahun," papar Alamsyah menegaskan.

Rekomendasi