Gus Fahrur Kandidat Calon Ketua PWNU Jatim Gantikan Marzuki Mustamar

| 03 Jan 2024 22:25
Gus Fahrur Kandidat Calon Ketua PWNU Jatim Gantikan Marzuki Mustamar
Ketua Bidang Keagamaan PBNU KH Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur. (Antara)

ERA.id - Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) sudah sudah menyebutkan satu nama yang bakal mengganti posisi KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jawa Timur. 

Ketua Bidang Keagamaan PBNU KH Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur menyebut sosok pengganti KH Marzuki Mustamar bakal diputuskan dalam waktu dua pekan ke depan.

Penunjukkan Ketua PWNU Jatim yang baru, kata dia bakal dilakukan melalui rapat pleno gabungan pada pekan depan.

“Ini tadi rapat harian di PBNU. Ada beberapa agenda (yang dibahas), termasuk persiapan rapat gabungan yang akan menentukan Ketua PWNU Jatim (yang baru). Akan diputuskan dalam gabungan Syuriah dan Tanfidziyah PBNU, maksimal dua minggu lagi,” kata Gus Fahrur, saat dihubungi awak media, pada Rabu (3/1/2024).

Dalam pembahasan pengganti KH Marzuki Mustamar, Gus Fahrur  mengungkapkan ada beberapa nama yang berpotensi menjadi Ketua PWNU Jatim. Salah satunya adalah namanya sendiri.

“Ada beberapa nama disebut. Termasuk nama saya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris PBNU Syaifulla Yusuf mengatakan kewenangan merekomendasikan calon pengganti Ketua PWNU Jatim adalah Rais Syuriah.

"Kembali ke rapat gabungan, Rapat Pleno PWNU yang dipimpin oleh Rais Syuriah. Untuk penggantinya sementara itu bisa melalui pleno dan itu dipimpin oleh Rais syuriah. Jika itu tidak dilaksanakan, maka akan diambil keputusan oleh PBNU bisa ditunjuk tergantung situasi dan kondisinya," kata Gus Ipul.

Saat ini sementara Jabatan Ketua PWNU Jatim dipegang Plt  KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin (Pengasuh Ponpes Tebuireng dan Ketua PBNU)

Sebelumnya KH Marzuki Mustamar diberhentikan oleh PBNU dari posisinya sebagai Ketua PWNU Jatim. Keputusan pemberhentian itu tertera dalam surat yang dikeluarkan PBNU bernomor 274/PB.01/A.II.01.44/99/12/2023.

Surat keputusan itu ditandatangani oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Jenderal Saifullah Yusuf, Rais Aam KH Miftachul Akhyar, dan Katib Aam KH Akhmad Said Asrori. 

Rekomendasi