Wanita ODGJ Surabaya Nekat Ceburkan diri di Laut Suramadu Jawa Timur

| 16 Jan 2024 20:52
Wanita ODGJ Surabaya Nekat Ceburkan diri di Laut Suramadu Jawa Timur
Wanita ODGJ yang nekat meceburkan diri di kawasan pesisir pantai kenjeran, Suramadu (Dok. Era.id/Puan)

ERA.id - Seorang wanita Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) nekat meceburkan diri di kawasan pesisir pantai kenjeran, tepatnya di laut sisi sentra Suramadu, Jawa Timur, Selasa (16/1/2024).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan melalui laporannya wanita ODGJ berisinial EF warga Kenjeran Surabaya itu menurut keterangan warga memang sering duduk-duduk di lokasi pinggir laut tersebut.

“Dia sering datang disitu untuk mandi dan duduk di tepi laut,” kata Hebi sapaan akrabnya, melalui laporannya.

Hebi menyampaikan, sekitar pukul 14.00 WIB, warga sekitar melihat EF menceburkan diri hingga hampir ke tengah laut. Warga pun langsung meminta bantuan dan menghubungi Command Center 112 Surabaya.

“Petugas langsung ke lokasi, dan mencoba merayu ODGJ itu naik ke tepi laut,”ujarnya.

Namun, EF tak mengiraukan petugas. sehingga petugas langsung melakukan evakuasi dengan berenang membawa pelampung. Akhirnya, EF berhasil diselamatkan.

“Setelah di evakuasi untuk ODGJ tersebut langsung di antarkan oleh posko terpadu kedung cowek menuju ke Liponsos untuk di data lebih lanjut,”ujarnya.

Lebih lanjut Hebi menambahkan dalam proses penanganan evakuasi. Dua tim petugas BPBD mengalami luka-luka karena terkena batu karang.

“Dua tim evakuasi dari BPBD saat hendak mengavakuasi ODGJ tersebut terkena batu karang hingga sobek di bagian telapak kaki,”terangnya.

Sementara Kapolsek Kenjeran Surabaya Kompol Ardhi Purboyo mengatakan wanita yang menceburkan diri tersebut lokasinya dekat pintu air Kedung Cowek Kenjeran.

“Bukan tercebur di (jembatan) Suramadu mbak. Namun berada di pintu air kedungcowek memang sengaja masuk ke air. Sudah ditangani oleh rekan BPBD,”katanya, saat dihubungi ERA.id.

Rekomendasi