Pilu, Ribuan Petugas KPPS di Sulsel 'Tumbang' dan Masuk Rumah Sakit karena Lelah

| 18 Feb 2024 17:34
Pilu, Ribuan Petugas KPPS di Sulsel 'Tumbang' dan Masuk Rumah Sakit karena Lelah
Ilustrasi pasien di rumah sakit (Pixabay)

ERA.id - Sebanyak 1.202 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024, dirawat serius di rumah sakit karena kelelahan, pada Jumat 16 Februari.

Hal itu diakui Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan. Sebelumnya, pada Kamis, terhitung  963 orang. "Sekarang kita mengawal kesehatan para panitia pemilihan kecamatan agar tidak seperti KPPS yang memang banyak tumbang," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan Sulsel, Ardadi, Jumat.

Apalagi, katanya, jika bercermin dari pelaksanaan Pemilu 2019 lalu yang mengakibatkan kematian hingga ratusan orang, diharapkan hal ini tidak kembali terulang.

Pada Pemilu kali ini, Dinkes Sulsel merilis adanya dua Petugas KPPS yang meninggal di rumah sakit.

Ardadi menyebutkan, petugas kesehatan yang ada di puskesmas dan rumah sakit akan mengawal kondisi kesehatan para penyelenggara Pemilu hingga semua tahapan selesai.

"Kami tetap menyiapkan petugas kesehatan di tingkat kecamatan hingga kabupaten. Tetapi kita tetap berharap agar tidak banyak lagi petugas kita yang jatuh sakit," katanya.

Ardadi menyebutkan bahwa kelelahan menjadi alasan paling mendasar banyaknya penyelenggara pemilu yang "tumbang" selama pelaksanaan pemilu 2024.

Beban kerja menghitung suara yang dimulai sejak pagi dan harus diselesaikan hingga larut malam, memakan energi yang besar. Banyak dari mereka terpaksa harus mengabaikan waktu makan dan waktu tidur atas nama amanah.

Bahkan kebanyakan penyelenggara Pemilu memilih tidak tidur untuk memastikan penghitungan suara rampung lebih cepat.

Akibatnya, mereka banyak mengalami sakit kepala, tekanan darah rendah, maag, demam, dan lainnya.

Secara akumulasi, terdapat sebanyak 1.872 orang penyelenggara pemilu yang harus mendapat perawatan kesehatan. Mereka terdiri atas Petugas Bawaslu 133 orang, Petugas KPPS 1.202 orang, Petugas 110 orang, PPK 55 orang, Linmas 148 orang, dan PPS 224 orang.

Rekomendasi