Ribuan Polisi Siap Kawal Demo Relawan Ganjar-Mahfud di Kawasan Monas Hari Ini

| 19 Feb 2024 12:31
Ribuan Polisi Siap Kawal Demo Relawan Ganjar-Mahfud di Kawasan Monas Hari Ini
Ilustrasi polisi lalu lintas (ERA.id)

ERA.id - Relawan Ganjar-Mahfud akan menggelar aksi demontrasi di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024).

Polisi pun menyiagakan ribuan personel untuk mengawal kegiatan tersebut. "1.978 personel disiapkan untuk melayani dan mengamankan apabila ada aksi," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan.

Titik awal demontrasi ini rencananya akan dilaksanakan di kawasan Patung Kuda. Setelah itu, massa aksi bakal melakukan long march menuju Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat.

Meski demikian, Susatyo mengatakan, rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi demo masih bersifat situasional. Ia menyebut, langkah tersebut akan diambil dengan melihat perkembangan di lapangan.

Sebelumnya, Forum Komunikasi Antar Relawan Ganjar-Mahfud berencana berdemo dari Bundaran Patung Kuda hingga Kantor Bawaslu di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/2).

Aksi itu menyusul penolakan mereka terhadap hasil Pemilu 2024, khususnya pemilihan presiden dan wakil presiden yang dinilai penuh kecurangan.

"Jadi semua organ relawan silahkan semua turun, tidak perlu daftar silahkan bawa pasukan anda geruduk Bawaslu," kata Ketua Umum Kombas GP, Burhan Saidi saat konferensi pers di Jalan Brawijaya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (18/2).

Burhan mengklaim, ada sebanyak 276 organ relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang telah menyatakan penolakannya terhadap hasil Pilpres 2024. Sebab, diduga terjadi kecurangan yang dinilai terstruktur sistematis dan masif dalam proses pemilu tersebut.

"Pada prinsipnya kita menolak hasil daripada Pilpres saat ini karena terlihat secara terstruktur, sistematis dan masif yang dilakukan oleh pemilu kali ini dan itu menguntungkan paslon 02," ujar dia.

Rekomendasi