Kantor KPU Yahukimo Papua Diserang, 1 Orang Terluka

| 04 Mar 2024 10:36
Kantor KPU Yahukimo Papua Diserang, 1 Orang Terluka
Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo. (Antara)

ERA.id - Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, diserang massa pendemo yang meminta pemungutan suara ulang, pada Minggu (4/3/2024).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan kejadian berawal ketika massa pendukung salah satu calon legislatif (caleg) melakukan protes terhadap hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Yahukimo, sekira pukul 18.16 WIT. Mereka meminta dilakukan pemungutan suara ulang.

Massa pendukung dan KPU lalu bermediasi. Setelah selesai, mereka hendak pulang ke rumah masing-masing. Namun tiba-tiba sejumlah massa lainnya melakukan penyerangan dengan cara melemparkan batu ke arah personel TNI-Polri.

"Personel gabungan yang berjaga dipintu masuk langsung melakukan tindakan tegas dengan mengeluarkan tembakan peringatan untuk membubarkan massa," kata Benny kepada wartawan, Senin (4/3/2024).

Akibat kejadian ini, satu pegawai negeri sipil, Harun Seip (36) mengalami luka robek pada kepala sebelah kanan akibat lemparan batu. Korban dievakuasi ke RSUD Dekai diberi pengobatan.

Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto menambahkan personel TNI-Polri melakukan pengamanan di Kantor KPU Kabupaten Yahukimo untuk mencegah aksi lanjutan.

"Saat ini aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengamanan di Kantor KPU Yahukimo dan melaksanakan patroli diseputaran Kota Dekai untuk mencegah adanya serangan susulan dari massa pendemo," ujar AKBP Heru. 

Rekomendasi