Rontokkan Dominasi Golkar di Sulsel, NasDem Berpeluang Usung Kader Sendiri di Pilgub

| 05 Mar 2024 10:43
Rontokkan Dominasi Golkar di Sulsel, NasDem Berpeluang Usung Kader Sendiri di Pilgub
Ilustrasi bendera NasDem. (Antara)

ERA.id - Pengurus DPW Partai NasDem Sulawesi Selatan menyiapkan kadernya untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel setelah mengklaim partainya unggul pada Pemilu 2024 di Sulsel.

"Alhamdulillah. Ini pencapaian luar biasa, terutama di DPRD provinsi, dari hitungan internal kita dapat 17 kursi. Artinya, kita bisa mengusung sendiri untuk calon gubernur Sulsel," kata Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif, Senin kemarin.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menyebut dari 24 kabupaten kota se-Sulsel, Partai NasDem juga berhasil mendapatkan 10 kursi Ketua DPRD dan sembilan Wakil ketua di tingkat DPRD kabupaten kota, sedangkan untuk DPRD Sulsel semula 12 kursi naik menjadi 17 kursi.

Berdasarkan data real count atau Sirekap sementara KPU dan data rekapitulasi internal partai, Partai NasDem meraih suara terbanyak pada Pileg 2024 dan mengunci kursi Ketua DPRD Sulsel mengeser Partai Golkar serta berhasil mendudukkan 17 orang calegnya di 11 daerah pemilihan di Sulsel.

Sedangkan untuk DPR RI, NasDem berpeluang mendudukkan lima orang caleg melalui tiga daerah pemilihan di Sulsel dari semula mendapatkan empat kursi pada 2019.

Peningkatan perolehan penambahan kursi tersebut tidak lepas dari cara kepemimpinan Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse Mapasessu dengan akronim RMS. Ia dinilai mampu mengubah dinamika politik di daerah itu secara signifikan.

NasDem awalnya memiliki tujuh wakil di DPRD Sulsel, dan di bawah kepemimpinan RMS pada Pemilu 2019 naik menjadi 11 kursi hingga Pemilu 2024 mendapat 17 kursi.

Sebelumnya, Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse didampingi istrinya Fatmawati Rusdi saat Silaturahmi dan konsolidasi partai dirangkaikan merayakan hari lahirnya ke-51 tahun di Kabupaten Pinrang mengapresiasi kinerja seluruh kader NasDem hingga berhasil keluar sebagai pemenang di Sulsel.

"Kemenangan ini ada kepercayaan masyarakat kepada partai NasDem. Terima kasih masyarakat Sulsel. Jadi, setelah melihat hasil, Insya Allah dengan kerja keras dan perjuangan teman-teman, kakak-kakak semua di NasDem, jangankan Pilkada kabupaten kota, Pilgub pun terbuka ruang bagi kita untuk menjadi pemenang," paparnya.

Mantan Bupati Sidrap dua periode ini bahkan sudah memberikan sinyal untuk mendorong kader ke Pilgub Sulsel. Dengan perolehan 17 kursi itu, NasDem dipastikan mengantongi tiket Pigub Sulsel dan bisa mengusung sendiri pasangan calon tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Dari sejumlah nama kader internal potensial yang mencuat disebut-sebut untuk dipersiapkan maju Pilgub pada 27 November 2024 di antara Ketua DPW Nasdem Rusdi Masse, Wakil Bendara DPP NasDem Sulsel Fatmawati Rusdi, dan Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif.

Rekomendasi