PAN Buka Peluang Dukung Anies di Pilgub Jakarta, Asal Duet dengan Zita Anjani

| 26 Jul 2024 17:00
PAN Buka Peluang Dukung Anies di Pilgub Jakarta, Asal Duet dengan Zita Anjani
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan, partainya terbuka mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hal itu merespons tingginya elektabilitas sekaligus deklarasi Partai NasDem mengusung Anies.

"Tentu PAN tidak menutup kemungkinan juga bisa bergabung dengan Anies," kata Yandri di Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Namun, PAN mempunyai syarat apabila Anies bersedia didukung. Yaitu, bakal calon wakil gubernurnya adalah Ketua DPP PAN Zita Anjani.

"Tapi dengan syarat. Syaratnya, wakilnya dari PAN, Zita Anjani," imbuhnya.

Dia menambahkan, PAN tak segan-segan langsung mengeluarkan surat rekomendasi dan memastikan akan memenangkan Pilgub Jakarta 2024, apabila Anies bersedia berpasangan dengan Zita Anjani.

"Jadi kalau misalkan Anies mengambil Zita, langsung besok SK-nya langsung keluar, langsung deklarasi kita, PAN terdepan untuk memenangkan," kata Yandri.

Namun, jika Anies tak setuju, maka PAN juga sudah siap mendukung tokoh lain untuk dimajukan di Pilgub Jakarta. Dia lantas mencontohkan nama kader Golkar Jusuf Hamka alias Babah Alun hingga Ketua DPP PDI Perjuangan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

"Kalau itu tidak ada titik temu, ya berarti kemungkinan PAN akan memunculkan calon alternatif, bisa Jusuf Hamka, bisa Ahok, bisa nama lain," ucapnya.

Disinggung peluang memenangkan Pilgub Jakarta 2024 apabila mendukung tokoh lain, menurut Yandri semua tokoh yang masuk bursa tetap berpeluang menang.

Sebab, menurutnya dinamika politik di Jakarta cukup dinamis. Sehingga sulit menentukan satu tokoh tertentu paling menonjol berpeluang menang.

"Sangat dinamis DKI Jakarta ini, dan siapapun yang maju menurut saya semua punya peluang untuk menang," kata wakil ketua MPR RI itu.

Sebagai informasi, dalam sejumlah survei, elektabilitas Anies Baswedan paling tinggi dibandingkan tokoh lainnya. Eks gubernur DKI Jakarta itu juga sudah mengantongi dukungan dari PKS dan Partai NasDem.

PKS bahkan sudah menduetkan Anies dengan Sohibul Iman. 

Rekomendasi