8 Juta Warga Muhammadiyah Jawa Timur Gelar Salat Tarawih Malam Ini

| 10 Mar 2024 21:29
8 Juta Warga Muhammadiyah Jawa Timur Gelar Salat Tarawih Malam Ini
Ilustrasi warga sedang melaksanakan salat tarawih. (Antara)

ERA.id - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Sukadiono menyebut sebanyak 8 juta warga muhammadiyah melaksanakan Tarawih, Minggu (10/3/2024) malam ini.

“Malam ini seluruh masjid Muhammadiyah yang ada di Jatim akan memulai Salat Tarawih,”katanya, saat dikonfirmasi ERA. 

Sukadiono mengatakan muhammadiyah menyatakan akan melaksanakan 1 Ramadan 1445 Hijriah yang mereka yakini jatuh pada Senin 11 Maret 2024.

Hal itu sesuai dengn mengikuti maklumat dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah menetapkan 1 Ramadan 1445 H, jatuh pada Senin, besok.

Sebanyak masjid Muhammadiyah, kata dia, tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim akan serentak menggelar Salat Tarawih berjemaah.

“Kalau seluruh warga Muhammadiyah kurang lebih 8 juta, 20 persen daru penduduk Jatim, itu tersebar di 38 pimpinan daerah Muhammadiyah yang ada di kabupaten/kota, tentu yang paling banyak di Lamongan, dan Surabaya, Gresik dan Sidoarjo itu jumlahnya lumayan besar untuk masjid Muhammadiyah,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa Muhammadiyah, memiliki cara sendiri dalam menentukan awal Ramadan. Mereka melakukannya dengan metode hisab hakiki wujudul hilal.

“Muhammadiyah itu memahami namanya hisab hakiki wujudul hilal, kami fahami asal hilal itu sudah lebih dari 0 derajat, itu berarti sudah wujud, nah kalau sudah wujud, meskipun hanya 0,55 derajat itu sudah masuk bulan yang berikutnya, dalam hal ini bulan Ramadan,” ucapnya.

Ia pun mengimbau agar Warga Muhammadiyah tetap menjaga kerukunan dan menghargai kelompok muslim lain, meski berbeda pendapat dalam hal menentukan awal Ramadan.

“Kami ingin warga Muhammadiyah menghormati, menghargai teman-teman yang mengikuti keputusan pemerintah untuk memulai awal Ramadan pada hari Selasa 12 Maret 2024,” ucapnya.

Rekomendasi