Antisipasi Perang Sarung, Satpol PP Surabaya Gelar Patroli Sepanjang Ramadan

| 13 Mar 2024 08:30
Antisipasi Perang Sarung, Satpol PP Surabaya Gelar Patroli Sepanjang Ramadan
Ilustrasi sarung. (Dok. Humas Polri)

ERA.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya menggelar patroli Asuhan Rembulan sepanjang Ramadan 2024 untuk mengantisipasi terjadinya perang sarung antar remaja yang dapat merugikan masyarakat.

“Giat Asuhan Rembulan ini tidak hanya kami lakukan di skala kota saja, namun juga libatkan seluruh jajaran praja di kecamatan. Kami antisipasi jika ada indikasi aktivitas yang merugikan masyarakat,” kata Kepala Satpol PP Kota Surabaya M. Fikser dalam keterangannya di Surabaya, Rabu (13/3/2024), dikutip dari Antara.

Fikser menjelaskan, dalam giat tersebut anggotanya akan dikerahkan untuk patroli di wilayah yang berpotensi terjadi kerawanan ketertiban guna memastikan keamanan serta kenyamanan warga Surabaya.

“Kami lakukan pengawasan wilayah yang berpotensi terjadi kerawanan ketertiban umum. Kami juga antisipasi kegiatan yang dilakukan anak-anak seperti perang sarung,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada para orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya, dipastikan sudah berada di rumah pada pukul 22.00 WIB, mengingat adanya jam malam untuk anak di bawah umur.

"Untuk orang tua, saya harap untuk selalu mengawasi anaknya, paling tidak mengontrol keberadaannya. Kami juga minta kepedulian sesama warga, ketika melihat kerumunan anak-anak supaya diingatkan atau bisa menghubungi command center 112," ujarnya.

Meskipun beberapa perang sarung dilakukan untuk konten, tetapi menurutnya tindakan tersebut membahayakan dan tidak dapat dibenarkan.

"Kalau ada yang bawa sajam (senjata tajam) kita serahkan ke polisi. Karena dalam operasi ini ada polisi yang bersama kami. Sementara yang tidak kedapatan membawa sajam, akan kami bawa ke kantor Satpol PP untuk dilakukan pembinaan dan pendataan. Termasuk juga memanggil orang tua dan gurunya," ujar Fikser.

Rekomendasi