Caleg PKS Putus Aliran Air Warga Cisuru Usai Kalah Pileg, Wali Kota Cilegon Langsung "Pencitraan" Kirim Bantuan

| 15 Mar 2024 15:26
Caleg PKS Putus Aliran Air Warga Cisuru Usai Kalah Pileg, Wali Kota Cilegon Langsung
Ilustrasi warga Cisuru mengambil air (Instagram/helldy_agustian)

ERA.id - Calon legislatif (Caleg) DPRD PKS yang kalah di Cilegon, Sumedi Madasik memutus aliran air bersih ke warga Cisuru, Suralaya. Aliran air bersih tersebut berasal dari sumur bor milik Sumedi. Akibatnya kini warga harus menempuh jarak satu kilometer untuk mencari air di sumur resapan lain.

"Memang ada biaya sebesar Rp10 ribu per kubik. Itu juga Rp5 ribu buat dana masyarakat seperti perbaikan dan sebagainya dan Rp5 ribu lagi buat memenuhi kebutuhan listrik,” katanya dikutip dari Radar Banten, Kamis (15/3/2024).

Sumedi menjelaskan biaya yang ditarik dari warga ternyata tak menutupi tagihan listrik tiap bulan. Karena itu, ia menyubsidi Rp2 juta selama 4 tahun. Ia tak menyangkal meminta kepada warga agar memberikan suara untuknya dalam pemilu.

"Saya berharap wajar dong karena selama ini juga kita bantu subsidi, dan mintanya saya itu tidak besar kalaupun tidak 100 persen minimal 70 persen. Tapi ini hanya kisaran 45 persen dari 140 DPT," katanya.

Usai kalah dalam pileg, Sumedi mengaku kini tak kuat lagi menyubsidi biaya listrik sumur tersebut. Ia pun telah bertemu dengan tokoh Cisuru untuk membahas soal kelanjutan aliran air warga.

"Secara kebetulan kemarin saya habis nyaleg, dan kami sudah tidak kuat lagi untuk mensubsidi biaya tersebut. Pada tanggal 18 Februari itu, saya panggil 2 tokoh dari Cisuru untuk membahas kelanjutan pengaliran air ke warga, dengan harapan untuk biaya listrik full ditanggung oleh masyarakat Cisuru karena saya sudah tidak kuat lagi untuk mensubsidi," katanya.

Ia menegaskan hanya berinisiatif untuk menutup sementara aliran air tersebut dan bukan memutus permanen. Tapi ia akui hingga kini belum ada solusi soal hal ini.

"Jadi supaya ada solusi tapi hingga detik ini belum ada solusi, terkait kenaikan biaya ataupun beban pembayaran listrik setiap bulannya," ujarnya.

Terkait hal ini, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian mengunggah foto di akun Instagramnya. Ia mengirimkan bantuan air untuk warga Cisuru. Ia berjanji dalam waktu dekat akan mengebor sumber air untuk warga Cisuru.  

"Mengirimkan bantuan air bersih agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Link Cisuru, Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Mohon doanya, agar dalam waktu dekat dapat dilakukan pengeboran sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Cisuru," tulisnya di instagram @helldy_agustian.

Rekomendasi