Rumah Wartawan di Sumut Diduga Dibakar OTK, Pelaku Diburu Polisi

| 22 Mar 2024 04:27
Rumah Wartawan di Sumut Diduga Dibakar OTK, Pelaku Diburu Polisi
Kobaran api yang membakar rumah wartawan di Labuhanbatu, Sumut. (Tangkapan layar)

ERA.id - Aksi pembakaran dialami seorang wartawan di Kabupaten Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), rumahnya diduga dibakar orang tak dikenal (OTK). Peristiwa itu menghanguskan rumah dan mobilnya, sedangkan korban jiwa tidak ada.

Korban adalah Junaidi Marpaung, yang merupakan wartawan media online bertugas di Kabupaten Labuhanbatu, Sumut. Peristiwa dugaan pembakaran tersebut dialaminya pada Kamis (21/3/2024) sekitar pukul 02.00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa peristiwa tersebut.

Pembakaran yang dialami Junaidi ini viral di media sosial. Dirinya merekam peristiwa tersebut dan tampak api membesar dan membakar rumah serta mobil yang terparkir. Video viral di media sosial itu, terdengar suara pemilik rumah berteriak histeris, melihat kobaran api membakar rumahnya tersebut.

"Ya Allah. Kau bakar rumahku ya, kau bakar rumahku ya," teriak pria yang sedang merekam kebakaran tersebut dan disebarkan di facebook.

Menanggapi hal ini, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengungkapkan, kasus ini teah ditangani dan dibentuk tim gabungan dari Polda Sumut dan Polres Labuhanbatu, untuk mengusut kasus pembakaran dan memburu para pelaku.

Katanya, Polda Sumut menurunkan tim Laboratorium Forensik untuk melakukan olah TKP, mengumpulkan barang bukti. Sedangkan, Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu melakukan pemeriksaan saksi-saksi.

"Kita sedang melakukan olah TKP dan fokus pada pengumpulan bukti-bukti formil serta materil," ucap Hadi kepada wartawan, Kamis (21/3/2024).

Hadi mengatakan hasil pemeriksaan Labfor Polda Sumut, akan diketahui asal api membakar rumah wartawan online tersebut. Kini, pihak kepolisian masih bekerja untuk mengungkapkan pelaku pembakaran rumah itu.

"Tim Labfor Polda Sumut segera melakukan penyelidikan untuk menentukan titik api serta arah perambatan apinya," jelas Hadi.

Sedangkan Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik menanggapi kejadian tersebut. Katanya, Junaidi Marpaung, merupakan anggota muda PWI Kabupaten Labuhanbatu. Atas kejadian, ia mendesak polisi segera tangkap pelaku dan dalang dibalik pembakaran rumah itu.

"Diduga ini ada unsur kesengajaan, karena sebelum terjadi peristiwa kebakaran ada ancaman yang disampaikan orang tak dikenal melalui media sosial (Facebook) di Grup 'Berita Labuhan Batu' kepada Junaidi Marpaung," ucap Farianda.

Namun, Farianda tidak merinci ancaman yang dimaksud dan juga apa motifnya. Apakah terkait masalah pemberitaan atau masalah pribadi.

"Saya juga mengimbau seluruh anggota PWI Sumut ikut mengawal kasus ini dengan mematuhi prosedur hukum yang berlaku," kata Farianda.

Rekomendasi