Ditinggal Ayah ke Warung Saat Tidur, 2 Balita di Sumut Tewas Terbakar

| 27 Mar 2024 09:57
Ditinggal Ayah ke Warung Saat  Tidur, 2 Balita di Sumut Tewas Terbakar
Orang tua korban tak kuasa kehilangan Mikhael dan Josef yang menjadi korban kebakaran. (Dok Polsek Purba)

ERA.id - Dua balita meninggal dunia korban kebakaran yang menghanguskan rumah mereka di Dusun Payalulu, Nagori Purba Dolok, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), terjadi pada Selasa (26/3/2024) malam pukul 22.00 WIB.

Kedua balita malang itu bernama Mikhael Sipayung berusia 3 tahun, 6 bulan dan adiknya, Josef Sipayung (1 tahun, 6 bulan). Peristiwa tragis itu dialami keduanya tertidur saat ditinggal ayah mereka pergi ke warung.

Kapolsek Purba, AKP M Sinaga menjelaskan kronologi kejadian tersebut, saat itu ayah korban keluar rumah untuk membeli sesuatu ke warung dekat rumah, dengan kondisi rumah ditutup dari luar.

"Lalu tidak berapa lama orang tua korban, melihat kepulan asap dari arah rumahnya. Sehingga orang tua korban, berlari kearah rumahnya dan mengetahui rumahnya terbakar," kata M Sinaga dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Polsek Purba menerima informasi terjadi kebakaran itu langsung turun ke lokasi kejadian. Setelah upaya pemadaman selesai, kedua korban pun dievakuasi. Pihak kepolisian pun melakukan olah TKP dan memintai keterangan saksi-saksi.

M Sinaga mengungkapkan, pihaknya menyarankan dilakukan autopsi terhadap jasad dua balita itu. Namun, orang tua korban juga keluarga lainnya menolaknya dan membuat surat pernyataan tidak dilakukan autopsi.

"Sedangkan, dua korban di evakuasi ke aula Kantor Pangulu Purba Dolok untuk disemayamkan," kata M Sinaga.

Kebakaran tersebut, mengakibatkan satu unit rumah dinding papan lantai tanah hangus terbakar, satu unit sepeda motor ikut terbakar dan menyebabkan kerugian ditaksir Rp25 juta.

"Untuk penyebab kebakaran masih lidik," pungkasnya.

Rekomendasi