Momen Ibu Hamil Nyaris Melahirkan dalam Pasar di Tengah Kerumunan Warga Sukabumi

| 07 Apr 2024 20:08
Momen Ibu Hamil Nyaris Melahirkan dalam Pasar di Tengah Kerumunan Warga Sukabumi
Polisi membantu ibu hamil yang akan melahirkan di tengah kerumunan warga yang tengah berbelanja di Pasar Citamiang, Kota Sukabumi, Jabar pada Sabtu (6/4/2024). (Antara)

ERA.id - Seorang ibu hamil di Kota Sukabumi bernama Maya Yunisa (23), nyaris melahirkan di tengah kerumunan warga yang berbelanja di kawasan Pasar Tipar di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jabar, Sabtu kemarin.

Saat Maya mengerang kesakitan, warga pun langsung melapor ke polisi dan pihak Unit Patroli Polsek Citamiang Polres Sukabumi Kota langsung mengevakuasi Maya.

"Personel kami yang menerima informasi langsung mengevakuasonya ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi," kata Kapolsek Citamiang, AKP Iwan Hendi di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Iwan, Maya saat itu tengah berbelanja di Pasar Citamiang dan tiba-tiba terjadi kontraksi dan pembukaan yang menyebabkan wanita itu tidak bisa melanjutkan kegiatannya dan hampir tidak sadarkan diri.

Warga dan pedagang yang melihat Maya merintih kesakitan mencoba membantunya dan langsung menghubungi petugas keamanan. Kebetulan tidak jauh dari lokasi ibu hamil, ada personel Unit Patroli Polsek Citamiang yang tengah memantau situasi kamtibmas di kawasan Pasar Pelita Kota Sukabumi.

Menerima informasi tersebut tanpa menunggu waktu lama, personel langsung menuju lokasi dan mengevakuasi ibu muda ini.

Beruntung saat kondisi yang tengah darurat tersebut ada beberapa pengendara sepeda motor yang ikut membantu memecah kepadatan warga hingga akhirnya mobil patroli yang mengangkut Maya berhasil menembus kemacetan dan tiba di rumah sakit tepat waktu dengan selamat.

Di sisi lain, Iwan mengimbau masyarakat untuk tidak sungkan meminta bantuan kepada polisi dan berani memberi informasi jika melihat maupun mengetahui adanya potensi serta gangguan kamtibmas minimal di daerahnya masing-masing.

Warga  bisa memanfaatkan layanan telepon polisi di 110 maupun Lapor Pak Polisi-SIAP MAS di 0811654110 sehingga bisa segera ditindaklanjuti. Informasi dari masyarakat sangat penting dalam upaya menjaga iklim kondusif dan kamtibmas, katanya.

Rekomendasi