Rawan Buaya, BKSDA Minta Warga Palopo Sulsel Tak Beraktivitas di Sekitar Sungai

| 21 Apr 2024 13:00
Rawan Buaya, BKSDA Minta Warga Palopo Sulsel Tak Beraktivitas di Sekitar Sungai
Sungai yang kerap muncul buaya yang menjadi perhatian warga di Palopo. (Dok. BKDSDA)

ERA.id - Warga Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) diminta tidak beraktivitas di sungai Kecamatan Telluwanua tempat munculnya buaya.

"Untuk amannya, warga jangan bekerja atau melintas di area itu," kata Kepala Bidang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Palopo Iskandar Husni di Palopo, Sabtu (20/4/2024), dikutip dari Antara.

Dia mengatakan buaya tersebut muncul di permukaan Sungai Salutete, Kelurahan Pentojangan, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Rabu (17/4/2024) sekitar pukul 11.00 WITA. Warga pun sempat merekam kemunculan buaya itu menggunakan kamera ponselnya.

Menurut dia, sungai di Kecamatan Telluwanua termasuk Sungai Salutete memang diindikasikan menjadi habitat buaya. Meski begitu, satwa tersebut tidak boleh diburu dan dibunuh.

"Buaya di sana memang sudah sering dijumpai masyarakat dan terdapat terdapat indikasi sungai di Kecamatan Telluwanua sudah menjadi habitat buaya. Tapi buaya merupakan satwa yang dilindungi UU, tidak diperbolehkan untuk dibunuh atau dimusnahkan," ucapnya.

Dia pun mengimbau masyarakat sekitar sungai agar tidak beraktivitas di sungai. Tak hanya itu, pihaknya juga memperingatkan warga agar tidak membuang sisa makanan seperti daging di sungai karena bisa memicu kemunculan buaya.

Rekomendasi