Pernah Menangkan Adik Mentan Amran di Pilgub Sulsel, PDIP Kini Jagokan Danny Pomanto

| 25 May 2024 16:38
Pernah Menangkan Adik Mentan Amran di Pilgub Sulsel, PDIP Kini Jagokan Danny Pomanto
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto. (Facebook Danny Pomanto)

ERA.id - Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Selatan, Ridwan Wittiri, menyokong Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto alis Danny untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulsel 2024.

Meski begitu, PDIP Sulsel hanya bisa menyodorkan nama calon yang mendaftar ke partainya, sebab seluruh keputusan ada di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Lagipula, PDIP tak bisa menjadi pemain tunggal dalam hal usungan di Sulsel. Dia mesti mencari kawan koalisi, tak seperti dalam Pilpres 2024 yang baru saja dilewati.

"Keputusannya semua ada di DPP partai. Kami di DPD hanya menjaring, dan partai kami (PDIP Sulsel) tetap harus juga menjalin kerja sama dengan partai lain," beber Ridwan saat ditemui ERA di area Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

"Khusus Pilgub Sulsel, memang kami prioritaskan kader yang maju, tapi tentu kami lihat survei, tentu kita harus lihat juga elektabilitasnya," beber Ridwan saat ditemui ERA di area Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

"Banyak yang daftar selain Pak Danny Pomanto, tapi jujur saja, saya sampaikan yang dari internal yang terdaftar di PDI Perjuangan Sulawesi Selatan untuk menjadi calon gubernur adalah Pak Danny Pomanto, karena dia kader kami, dan beliau adalah Wali Kota Makasssar."

Ridwan lantas mengenang kerja politiknya pada Pilgub Sulsel 2018. Saat itu partainya berkoalisi bersama PKS dan PAN dalam mengusung Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman.

Diketahui, Sudirman kini digadang-gadang akan maju ke Pilgub Sulsel 2024. Dia memiliki elektabilitas yang bagus di pelbagai lembaga survei semenjak menjadi Gubernur Sulsel menggantikan Nurdin Abdullah selama beberapa tahun. Tak cuma elektabilitas, dia ditopang logistik yang kuat bersama pengaruh kakaknya yang kini menjadi Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

"Insyaallah ke depan, walau suara kami di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan tidak cukup untuk mengusung, tapi kita sudah melobi dengan partai lain agar bisa mengusung dan kami sangat berharap dan mohon doanya kepada seluruh saudara-saudara agar PDIP Provinsi Sulawesi Selatan bisa menang lagi untuk Pilgub serentak di November," tandasnya.

Rekomendasi