Pj Gubernur Sulsel Zudan Minta Pembangunan Manusia di Bidang Seni Ditingkatkan

| 27 May 2024 14:47
Pj Gubernur Sulsel Zudan Minta Pembangunan Manusia di Bidang Seni Ditingkatkan
Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh. (FB Zudan Arif)

ERA.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudah Arif Fakrulloh meminta pembangunan manusia di bidang seni terus ditingkatkan untuk mencetak pekerja seni yang profesional.

"Saya mengapresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan South Sulawesi Music Festival 2024, yang mana menjadi salah satu cara mencari bibit musisi berbakat," ujarnya di Makassar, Ahad kemarin.

Zudan mengatakan seni, khususnya musik sangat universal dan sangat dibutuhkan sebagai olah jiwa. Seni juga dianggapnya mampu membentuk jiwa yang tenang dan menghaluskan budi pekerti bagi yang menekuninya.

"Ada olah pikir dengan belajar ilmu pengetahuan, tapi kita butuh seni untuk olah jiwa. Menghaluskan jiwa dan menghaluskan budi pekerti," katanya.

Ia mencermati, banyak pemusik hebat dari Sulsel yang menasional tampil di ajang pencarian bakat (talent scouting) populer, seperti X-Factor, Indonesia Idol.

Jika melihat talent scouting, katanya, bidang olahraga telah dilakukan secara berjenjang. Demikian juga di bidang keagamaan sudah tumbuh dengan baik. Di tingkat seni, talent scouting juga harus dibangun.

"Di sektor kesenian ini juga perlu ditingkatkan, semoga kita bisa bersama-sama dan terus berkolaborasi untuk meningkatkan semangat dan partisipasi publik serta memberikan ruang publik sampai tingkat nasional, sehingga kehidupan berkesenian, berkebudayaan dan bermusik semakin tumbuh dan berkembang di Sulsel," ujarnya.

Menurut dia, seni musik bisa menyatukan, karena tidak mengenal ras, agama dan suku.

"Semuanya bisa menerima, bahkan tidak mengerti liriknya juga menyanyi, yang penting musiknya enak. Mari kita jadikan momentum malam ini dari musik kita menyatukan Sulawesi Selatan," ucap dia.

Ketua DPP Dewan Pengurus Pusat Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI), Agus Wisman menyampaikan banyak musisi yang ada di Sulsel memiliki bakat yang hebat.

"Insya Allah dengan diselenggarakannya acara ini, pasti musisi dari Sulawesi Selatan akan menasional namanya. Kepada peserta yang akan berjuang, selamat berlomba, silahkan berkarya," kata personel grup vokal Elfa's Singers yang juga bertugas sebagai juri tersebut.

Adapun hadiah yang disiapkan penyelenggara dalam South Sulawesi Sulawesi Music Festival 2024, sebesar Rp70 juta. Para juara atau finalisnya akan masuk rekaman dan dibuatkan album kompilasi karya.

Adapun kategori yang dilombakan, yaitu band dan singer. Terdiri atas lima band dan tujuh penyanyi solo yang tampil di grand final. Seleksi dilaksanakan selama 4 bulan.

Rekomendasi