Sukses Pimpin dan Bangun Jabar, Ridwan Kamil Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari University of Glasgow

| 14 Jun 2024 06:15
Sukses Pimpin dan Bangun Jabar, Ridwan Kamil Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari University of Glasgow
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil gelar doktor honoris causa dari University of Glasgow. (Dok. Istimewa)

ERA.id - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil menerima gelar doktor honoris causa dari University of Glasgow. Universitas di Skotlandia memberikan gelar itu karena menganggapnya sebagai sosok yang multitalenta.

Momen ini pun diunggah Ridwan melalui akun Instagram pribadinya, @ridwankamil. Dalam unggahannya itu, dia mengatakan, ilmu terbaik dan mulia adalah yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Menerima gelar Doktor kehormatan bersama delapan tokoh dunia lainnya dari University of Glasgow terkait inovasi pembangunan dan kepemimpinan,” demikian dikutip dari unggahan Ridwan Kamil, Kamis (13/6/2024).

Secara terpisah, Senior Vice Principal and Deputy Vice Chancellor University of Glasgow, Professor Frank Coton mengatakan, Ridwan Kamil adalah sosok yang bertalenta. Sebab, dia dinilai merupakan arsitek yang visioner dan sosok pemimpin yang selalu ada untuk rakyat.

“Perjalanannya dimulai di Kota Bandung,” kata Frank dalam keterangan tertulisnya.

Ia juga menyebut, Ridwan selalu mengulurkan tangan melalui kemampuan yang dimilikinya. “Dia semakin dikenal sebagai ’Arsitek Rakyat’ atas proyek sosial probono yang menciptakan ruang-ruang publik di kawasan pemukiman padat penduduk di seluruh Indonesia,” ujar Frank.

Selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan disebut telah melakukan banyak terobosan. Salah satunya, ketika pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia.

“Komitmen anda terhadap pendidikan, berkelanjutan, dan keadilan sosial benar-benar menginspirasi,” ungkap Frank.

Selain Ridwan, ada sembilan nama lain yang mendapatkan gelar doktor kehormatan dari universitas tersebut, seperti Professor Sir William Blair, Veronica Crosbie, dan Brian McBride. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dengan disiplin ilmu yang berbeda.

Rekomendasi