Viral Makhluk Diduga Orang Utan Raksasa Berkeliaran di Pinggir Jalan Kalimantan Timur

| 08 Jul 2024 12:30
Viral Makhluk Diduga Orang Utan Raksasa Berkeliaran di Pinggir Jalan Kalimantan Timur
Tangkapan layar makhluk yang diduga orang utan di Kalimantan Timur.

ERA.id - Viral video menampilkan makhluk yang diduga orang utan berukuran ‘raksasa’ bergelayutan di pohon milik warga Kalimantan Timur. Itu direkam pengendara mobil yang berhenti di pinggir jalan.

Lewat akun Instagram, Minggu (7/7/2024), orang utan itu berjalan dari semak-semak lalu muncul di pinggir jalan. Belum diketahui asal usul orang utan itu dan mengapa ia datang ke pemukiman warga.

Konon kera besar tersebut berasal dari hutan hujan Indonesia dan Malaysia. Habitatnya berada di sebagian Kalimantan dan Sumatera, tetapi selama era Pleistosen, mereka tersebar di seluruh Asia Tenggara dan Tiongkok Selatan.

Orang utan termasuk primata cerdas. Mampu memakai peralatan rumit dan membangun sarang tidur yang kompleks setiap malam, dari ranting-ranting dan dedaunan.

Penelitian tentang kemampuan belajar mereka telah dilakukan secara ekstensif. Para peneliti memperkirakan bahwa pada masing-masing populasi orang utan terdapat kultur-kulturnya tersendiri.

Orang utan telah muncul dalam karya literatur dan seni dunia setidaknya sejak abad ke-18, terutama untuk mengomentari komunitas manusia.

Rekomendasi