Murid SD Baru di Sulbar Pakai Sandal ke Sekolah, Usai Viral Pemerintah Membantu

| 18 Jul 2024 13:18
Murid SD Baru di Sulbar Pakai Sandal ke Sekolah, Usai Viral Pemerintah Membantu
Muhammad Firdaus, yang memakai sandal jepit lusuh ke sekolah, bersama temannya di sekolah.

ERA.id - Viral penampilan siswa baru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar), Muhammad Firdaus, yang memakai sandal jepit lusuh ke sekolah.

Keluarga si bocah ternyata tidak mampu membeli sepatu baru. "Saya sebagai orang tua belum ada uang untuk membeli sepatu," kata ibu Firdaus, Siti Aisyah beberapa waktu lalu.

Diketahui, Firdaus bersekolah di SD Inpres Kuo, Kecamatan Pangale, Mateng. Siti bercerita bahwa di hari pertama sekolah, Senin (15/7/2024), Firdaus harus memakai sandal jepitnya yang sudah lusuh.

Tidak hanya sepatu, Siti juga harus mencicil seragam sekolah anaknya. "Seragam itu saya cicil sama penjual baju," ujarnya.

Kehidupan sehari-hari mereka juga tidak mudah. Siti berjualan sayur keliling desa dengan sepedanya, sementara suaminya bekerja sebagai buruh lepas.

"Kalau saya hanya keliling jual sayur, bapaknya Firdaus itu nanti kalau ada yang panggil baru kerja," jelasnya.

Siti berharap pemerintah bisa memperhatikan kondisi anaknya dan memberikan beasiswa agar Firdaus dapat terus bersekolah. "Semoga anak saya bisa dapat beasiswa, terus bersekolah," harapnya.

Tak lama setelah viral, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulbar, Mithhar, mengaku sudah bertemu dengan Firdaus Rabu (17/7/2024) kemarin dan menyerahkan bantuan berupa seragam dan perlengkapan sekolah.

"Kemarin pagi kami di SD Inpres Kuo," ujar Mithhar dalam keterangan yang diterima ERA, Kamis (18/7/2024).

Dalam video yang viral, Firdaus tampak duduk di depan kelas bersama siswa lainnya. Temannya mengenakan seragam lengkap dengan tas dan topi, namun Firdaus memakai sandal jepit lusuh berwarna hijau.

Rekomendasi