Pj Gubernur Sumut Diduga Kampanyekan Bobby Nasution secara Terselubung

| 27 Aug 2024 20:20
Pj Gubernur Sumut Diduga Kampanyekan Bobby Nasution secara Terselubung
Aksi massa demo Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni yang dituding cawe-cawe politik. (ERA.id/Haris Iskandar)

ERA.id - Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni dituding cawe-cawe politik yang diduga menguntungkan Bobby Nasution jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut 2024.

Tudingan tersebut dilontarkan ratusan lebih massa yang tergabung dalam Rakyat Sumut Bergerak di depan Kantor Gubernur Sumut, di Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Selasa (27/8/2024).

"Masyarakat Sumut, yang tidak nyaman dengan kondisi politik saat ini. Maka kita menyuarakan, karena kita melihat belakangan ini cawe-cawe Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni ini sudah sangat keterlaluan," kata Kordinator Aksi, Khairil Amri kepada wartawan.

Amri mengatakan diduga Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni membalut safari dakwah dan doa bersama PON 2024 dengan membawa Bobby Nasution berkeliling ke sejumlah Kabupaten/Kota di Sumut.

"Bahkan dia membuat menjadi tokoh pendidikan yang tidak jelas apa alasan dan kriterianya," ucap Amri.

Amri mengungkapkan aksi tersebut meresahkan di tengah masyarakat dan merusak demokrasi di Sumut dalam Pilgub Sumut tahun 2024.

Amri menegaskan tuntutan besar para pendemo tersebut mendesak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk mencopot Agus Fatoni dari jabatannya sebagai Pj Gubernur Sumut.

Aksi damai tersebut direspons Sekretaris Kesbangpol Sumut, Hendra Dermawan Siregar. Menurutnya tuntutan pendemo akan disampaikan kepada pimpinan Pemprov Sumut.

Rekomendasi