PDIP Usung Risma-Gus Hans Tantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, Akan Daftar Malam Ini

| 29 Aug 2024 14:10
PDIP Usung Risma-Gus Hans Tantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, Akan Daftar Malam Ini
Poster Risma-Gus Hans yang beredar

ERA.id - PDIP bakal mengusung Risma-Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) untuk maju Calon Gubernur dan  Calon Wakil Gubernur di Pilkada 2024 Jawa Timur.

Meski belum diumumkan, kode itu terjawab setelah sejumlah pengurus DPD PDIP Jatim mengunggah poster pasangan Risma-Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) sejak Kamis (28/8/2024) dini hari tadi. Termasuk, anak sulung Risma, Fuad Bernardi. Saat dikonfirmasi, Sekretaris PDIP Jatim Sri Untari Bisawarno, membenarkan hal tersebut.

“Iya (pasangan Risma-Gus Hans),” kata Untari, saat dikonfirmasi.

Untari mengatakan rencananya Risma-Gus Hans akan mendaftar pencalonan Pilgub ke KPU Jatim malam ini. Mereka akan diantar kirab budaya dari massa parpol dan relawan pendukung.

“Titik kumpul di DPD PDIP Jatim lalu ada kirab budaya yang mengantar sampai kantor KPU Jatim,” ucapnya.

Duet Risma-Gus Hans sendiri, kata Untari sementara ini didukung oleh koalisi dua partai. Duet ini akan diusung PDIP dan Partai Hanura. Sementara itu ada juga partai lain yang berencana bergabung.

“(Koalisi Risma-Gus Hans) diusung PDIP dengan Hanura yang pasti. Ada Partai Ummat yang berencana gabung,” katanya.

Untuk diketahui, Risma merupakan kader PDIP yang pernah menjadi Wali Kota Surabaya periode 2010-2020. Kini dia menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos RI).

Sementara Gus Hans merupakan tokoh kiai muda dari Jombang, Jawa Timur. Ia merupakan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan.

Gus Hans tercatat sebagai kader Golkar. Belakangan ia diisukan akan maju di Pilkada Jombang 2024. Dia juga pernah didapuk menjadi juru bicara pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018 lalu.

Pasangan Risma-Gus Hans akan menantang sang petahana Khofifah-Emil yang diusung koalisi besar 15 partai di Pilgub Jatim 2024 ini. Selain itu ada juga pasangan yang diusung PKB Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim.

Rekomendasi