Video Perundungan Siswa di Gowa Viral, Pihak Sekolah Pilih Selesaikan Internal

| 29 Aug 2024 14:55
Video Perundungan Siswa di Gowa Viral, Pihak Sekolah Pilih Selesaikan Internal
Ilustrasi stop bullying. (Antara)

ERA.id - Sebuah video yang menampilkan aksi perundungan antar siswa SMP di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, telah menjadi perbincangan hangat di media sosial dan grup WhatsApp. 

Video berdurasi 34 detik itu memperlihatkan seorang siswa laki-laki memukul temannya di dalam kelas, sementara siswa lainnya hanya menonton tanpa berusaha melerai.

Plt Kasi Humas Polres Gowa, Ipda Udin Sibadu, mengonfirmasi video tersebut. Ia menjelaskan peristiwa itu terjadi dua minggu yang lalu dan sudah ditangani secara internal oleh pihak sekolah. 

"Iya, kejadiannya sudah dua minggu lalu dan sudah didamaikan oleh pihak sekolah," kata Ipda Udin kepada Era.id, Kamis (29/8/2024).

Menurutnya, tidak ada laporan resmi yang masuk ke Polres terkait kejadian ini karena pihak sekolah sudah mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk melibatkan guru Bimbingan dan Konseling (BK). 

"Semuanya sudah diselesaikan secara internal oleh pihak sekolah," tambahnya.

Ia juga menyebutkan sekolah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memberikan penyuluhan kepada siswa, sebagai langkah pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang. 

"Guru memberikan bimbingan kepada siswa, dan dengan bantuan polisi, sekolah juga mengadakan penyuluhan untuk menghindari tindakan yang merugikan siswa," jelasnya.

Ipda Udin mengungkapkan perkelahian tersebut dipicu oleh kesalahpahaman antar siswa.

"Biasanya, kalau anak-anak masalahnya kesalahpahaman seperti ini, pihak sekolah yang menyelesaikannya," tuturnya.

Rekomendasi