Tes Kejiwaan Selama 6 Jam di RSUD dr Soetomo, Khofifah-Emil Akui Prosesnya Melelahkan

| 30 Aug 2024 20:55
Tes Kejiwaan Selama 6 Jam di RSUD dr Soetomo, Khofifah-Emil Akui Prosesnya Melelahkan
Khofifah-Emil saat jalani tes kesehatan kejiwaan di RSUD dr Soetomo Surabaya. (Era.id/Puan Ramadhan)

ERA.id - Pasangan bakal calon Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak menjalani tes kejiwaan di hari kedua, di RSUD dr Soetomo Surabaya, Jumat (30/8/2024). Tes kesehatan kejiwaan ini, merupakan bagian dari tahapan pencalonan Pilgub Jatim oleh KPU Jatim.

Bacawagub Emil Elistianto Dardak mengatakan bahwa proses tes kesehatan hari ini berjalan lancar.

"Tadi cukup panjang ya tes tulisnya juga banyak. Kita bukan satu-satunya, masih banyak juga (cakada dan cawakada yang menjalani tes kesehatan). Tapi ya alhamdulillah berjalan lancar," kata Emil.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kesehatan Cakada dan Cawakada Provinsi Jatim, dr Mouli Edward menyampaikan bahwa tes kali ini berfokus pada pemeriksaan kesehatan kejiwaan bakal pasangan calon (bapaslon).

"Kemarin dan hari ini itu sama dan ada pemeriksaan fisik sama pemeriksaan kejiwaan. Kemarin yang dapat pemeriksaan fisik, hari ini itu pemeriksaan kejiwaan, sama," kata Mouli.

Kata dia, tes kejiwaan kepada paslon Khofifah-Emil ini berjalan cukup lama, sekitar lima hingga enam jam.

"Kan kejiwaan itu proses tesnya panjang dan melelahkan. Jadi butuh jam yang lama. Fisiknya juga melelahkan karena selain pemeriksaan fisik, laboratorium, juga ada treadmill, pemeriksaan jantung. Jadi semuanya harus lengkap," ungkapnya.

Lebih lanjut menerangkan, alasan tes kejiwaan memakan waktu lama karena prosesnya membutuhkan konsisten dari pasien.

"Karena pemeriksaan jiwa itu memang melelahkan. Kejiwaan itu memang dibuat sedemikian rupa, memang orangnya stres dan harus konsisten. Itu membuat peserta itu stres memang dan kestabilannya itu memang di tes disitu," tutupnya.

Rekomendasi