'Banting Setir' Jadi Pencuri Motor, Eks Kadishub Pematangsiantar Ditangkap Polisi

| 24 Sep 2024 13:53
'Banting Setir' Jadi Pencuri Motor, Eks Kadishub Pematangsiantar Ditangkap Polisi
Viktor Sirait ditangkap polisi usai curi sepeda motor. (Istimewa)

ERA.id - Mantan Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Pemko Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), ditangkap polisi karena mencuri motor, Minggu (22/9/2024) kemarin.

Aksi tersebut dilakukan pelaku dengan memanfaatkan kelengahan korban yang meninggalkan kunci sepeda motor.

Pelaku adalah Viktor Sirait (67) warga Jalan Bahagia, Kampung Kristen, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar. Ia merupakan pensiunan ASN dan pernah menjabat sebagai Kadishub Pemko Pematangsiantar pada 2006.

Aksi pencurian itu dilakukan pelaku terhadap sepeda motor milik korban berinisial AS (40) merupakan warga Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, pada Sabtu (21/9/2024).

Aksi tersebut terjadi di depan toko grosir di Rintis IX Balimbingan, Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Asmon Bufitra mengatakan, pencuran itu dilakukan saat korban tengah berbelanja. Korban memarkirkan sepeda motor miliknya Yamaha NMAX BK-6529-WAH warna hitam dengan aksen putih dan kuning.

"Korban meninggalkan kunci kontak yang masih melekat pada sepeda motor tersebut. Tidak lama setelah keluar dari grosir, korban menyadari bahwa sepeda motornya telah hilang," ungkap Asmon, Selasa (24/9/2024).

Katanya, informasi dari saksi mata di lokasi kejadian bahwa sepeda motor korban dibawa seorang pria yang mengenakan jaket ojek online. Menyadari sepeda motornya telah dicuri, korban bersama saksi segera mencari dan mengejar pelaku.

Korban berhasil menemukan sepeda motor miliknya beserta pelaku di area sekitar tempat kejadian. Selanjutnya, pelaku beserta sepeda motor barang bukti dibawa ke Polsek Tanah Jawa untuk diamankan dan diproses lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

"Modus operandi pelaku dalam kasus ini adalah memanfaatkan kelengahan korban yang meninggalkan kunci kontak di sepeda motornya. Dengan cara ini, pelaku dengan mudah mengambil sepeda motor milik korban dan membawanya kabur," ucap Asmon.

Asmon mengapresiasi kecepatan dan ketepatan tindakan korban dan saksi dalam melakukan pengejaran terhadap pelaku. Hal ini membantu pihak kepolisian dalam menangkap pelaku lebih cepat dan mengamankan sepeda motor tersebut.

"Kami juga berterima kasih kepada korban dan saksi yang dengan sigap melakukan pengejaran terhadap pelaku sehingga memudahkan petugas dalam menangkap tersangka," pungkas Asmon.

Rekomendasi