Benarkah Kota Prabumulih di Sumsel adalah Kota Tanpa Corona di Indonesia?

Tim Editor

Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar postingan viral di Facebook yang menyatakan bahwa Kota Prabumulih di Sumatera Selatan (Sumsel) adalah kota tanpa Corona.  Postingan yang diunggah akun Mailisi Kanti itu mendapat likes sebanyak 7,4 ribu dan sudah dibagikan sebanyak 31 ribu kali.

Mailis menyertakan postingannya dengan caption "wali kota mantul" dan videonya disertai dengan tulisan "kota tanpa corona".

Setelah dilakukan penelusuran fakta, dilansir dari laman turnbackhoax.id, ditemukan bahwa Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, sama sekali tidak bebas Corona.

Menurut laman website resmi Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, diketahui bahwa total kasus yang terkonfirmasi positif ada 261 orang, baik tanpa gejala (Asimptomatik) maupun dengan gejala (Simptomatik), pengumuman tersebut terakhir di-update pada 19 Oktober 2020, pukul 19.00 WIB.

Dilansir dari sumsel.inews.id, total kasus positif Covid-19 di Kota Prabumulih sejak 23 Maret hingga 23 Desember mencapai 442 kasus. 349 kasus di antaranya sudah sembuh dan 21 kasus meninggal serta total 72 kasus yang masih dalam perawatan.

Kota Prabumulih bahkan menjadi satu-satunya kota zona merah di Sumatera Selatan, per 20 Desember 2020. Lonjakan ini salah satunya disebabkan momen libur akhir tahun.

"Zona merah Prabumulih karena penambahan kasus lebih banyak dari pekan sebelumnya," ungkap Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel Yusri di Palembang, Kamis (24/12/2020).

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, Kota Prabumulih sejak awal pandemi di Indonesia hingga Akhir tahun 2020, tidak bebas Corona. Sehingga klaim bahwa Kota Prabumulih tanpa Corona adalah hoaks dan termasuk kategori konten palsu.

Tag: berita hoaks covid-19 di indonesia cek fakta Kota Prabumulih

Bagikan: