Sempat Ditutup Akibat Longsor, Jalur Puncak Bogor-Cianjur Kembali Dibuka

Tim Editor

Jalur Puncak Bogor longsor. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Jalur Puncak Bogor yang sebelumnya sempat ditutup akibat longsor, kini kembali bisa dilalui kendaraan. Longsor terjadi di Jalur Puncak, tepatnya di kawasan Gunung Mas, sebelum Riung Gunung, pada Minggu (10/01) sekitar pukul 23.00 WIB.

Sementara itu, Camat Cisarua Deni Humaedi mengatakan sedari malam pihaknya bersama unsur-unsur instansi terkait, melakukan evakuasi terhadap material longsor yang menimpa badan jalan. 

Lalu lintas di sana pun sempat terputus, lantaran material tanah dari atas tebing menutupi badan jalan. "Alhamdulillah jalannya sudah bisa dilalui roda dua dan roda empat pada pukul 07.35 WIB," katanya, Senin (11/1/2021).

Meksi kendaraan sudah bisa melintas jalur yang sempat tertimbun longsor tersebut, pihaknya mengimbau agar pengendara senantiasa berhati-hati saat melintas di kawasan ini. Lantaran kondisi jalan di sana masih licin.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja pada malam hingga dini hari tadi jalur ini sempat ditutup," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam mengatakan, peristiwa tersebut diduga disebabkan lantaran adanya aliran air dan mata air yang berada di atas bukit, mengalami penyumbatan. Sehingga air tersebut meluap dan membuat tanah di sekitar bukit labil. 

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, panjang jalan tertutup sekitar 20 meter. Evakuasi dilakukan pihaknya, sedari menerima laporan awal, hingga pukul 03.00 WIB.

"Untuk evakuasi kami menerjunkan satu alat berat, alat penyemprot truk high pressure dan 10 orang personel BPBD, dibantu instansi terkait dari kecamatan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," pungkasnya.

Tag: tanah longsor longsor puncak

Bagikan: