Kabar Terbaru Varian Virus Corona B117 Inggris Ditemukan di Karawang, Ini Respons Ridwan Kamil

Tim Editor

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. Humas Jabar)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan bahwa strain baru virus Corona dari Inggris, B117, ditemukan di Kabupaten Karawang. Ridwan Kamil mengimbau kepada UNPAD melakukan penelitian. 

"Kami menemukan virus varian baru dari Inggris tersebut menjangkiti dua warga Karawang, saya mengimbau kepada UNPAD untuk melakukan penelitian agar bisa antisipasi," ungkap pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini, usai menghadiri Uji Klinik Vaksin COVID-19 Rekombinan Anhuu, di Gedung RS Pendidikan UNPAD, Jalan Profesor Eijkman, Kota Bandung, rabu (3/3/2021).

Kang Emil menegaskan agar mutasi virus Corona B117 segera diteliti, agar bisa dilakukan penangan dan bisa mengukur upaya apa saja yang bisa dilakukan oleh Satgas harian COVID-19 Jawa Barat. 

"Virus varian baru ini harus segera kita waspadai, sehingga saat penanganan bisa dilakukan apakah sama penerapannya dengan varian sebelumnya yang menggunakan protokol kesehatan 5M atau adakah upaya lebih," ulas Kang Emil. 

Upaya ini, lanjutnya, dilakukan guna menentukan langkah yang diambil Pemprov Jabar dalam menghadapi mutasi virus Corona B117.

"Kami sebagai pengambil keputusan bisa segera bergerak dan melakukan cara-cara agar terukur, untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat jangan khawatir sebab pada dasarnya virus COVID-19 ini banyak mutasinya," paparnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan temuan 2 kasus mutasi virus Corona B117 asal Inggris di Indonesia. Ini menjadi kasus pertama di Indonesia sejak varian tersebut sejak mewabah di Inggris September 2020.

"Tepat 1 tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," ujarnya dalam acara virtual peringatan 1 tahun pandemi oleh akun YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3).

Tag: ridwan kamil gubernur jawa barat ridwan kamil Mutasi COVID-19 mutasi virus baru corona Strain Virus B117 COVID-19 Strain Virus B117 Strain Virus B117 COVID-19 Masuk Indonesia b117

Bagikan: