Penumpang Pesawat Wings Air Tiba-tiba Buka Jendela Darurat, Ini Akibatnya

| 07 Mar 2021 18:48
Penumpang Pesawat Wings Air Tiba-tiba Buka Jendela Darurat, Ini Akibatnya
Ilustrasi 9Anto/era.id)

ERA.id - Seorang penumpang maskapai Wings Air tiba-tiba membuka jendela darurat pesawatnya.

Insiden tersebut terjadi ketika pesawat Wings Air (member Lion Air Group) penerbangan IW-1248 melayani rute Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) tujuan Bandara Binaka di Gunung Sitoli, Sumut (GNS), Minggu (7/3/2021) pagi. 

Wings Air menyebut penerbangan IW-1248 sudah dipersiapkan dengan baik, memiliki jadwal keberangkatan pada pukul 08.45 WIB. Wings Air mengoperasikan ATR 72-500 registrasi PK-WFO, yang akan menerbangkan empat awak pesawat serta 44 penumpang dewasa serta 1 anak-anak. 

“Ketika proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat, salah satu penumpang laki-laki berinisial HS (29) yang memiliki nomor kursi 3A sesuai lembar masuk pesawat (boarding pass), tiba-tiba membuka jendela darurat (emergency exit window),” kata Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resminya, Minggu (7/3). 

Danang menjelaskan bahwa atas kondisi tersebut seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandara. 

“Saat ini ATR 72-500 registrasi PK-WFO sedang dilakukan pengecekan pada pesawat udara,” ujarnya.

Danang menjelaskan sesuai standar operasional prosedur (SOP), awak pesawat menginformasikan kepada petugas layanan darat (ground handling), dan petugas keamanan (aviation security/ Avsec) agar segera dilakukan penanganan kepada HS. 

“Wings Air telah menyerahkan HS kepada pihak terkait beserta Otoritas Bandar Udara guna pemeriksaan dan proses lebih lanjut,” katanya. 

Danang menjelaskan kejadian ini mengakibatkan keterlambatan keberangkatan Wings Air penerbangan IW-1248 selama 55 menit. Penerbangan IW-1248 telah diberangkatkan kembali pada pukul 09.40 WIB dengan menggunakan pesawat Wings Air yang lain yakni ATR 72-600 registrasi PK-WHM. Pesawat mendarat di Gunung Sitoli pukul 10.45 WIB. 

“Wings Air menegaskan bahwa seluruh operasional pesawat mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan (safety first),” ungkapnya. 

Rekomendasi