Pilih Rental Mobil daripada Naik Angkot, Pengemis Ini Hebohkan Warga Bogor

| 23 Mar 2021 20:00
Pilih Rental Mobil daripada Naik Angkot, Pengemis Ini Hebohkan Warga Bogor
Pengemis bermobil di Bogor (Ist)

ERA.id - Seorang pengemis di Bogor menghebohkan jagat maya. Alasannya, ia pergi mengemis menggunakan mobil. Kabarnya yang keburu tersebar, akhirnya membuat Dinas Sosial Kota Bogor mengambil langkah cepat dengan mengamankannya.

Pengemis itu seorang kakek, di wajahnya ada cacat. Namanya Herman, usianya 80. Ia adalah warga Kampung Cisauk, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Apa kata Herman usai dirinya diamankan oleh Dinsos Bogor? Soal mobil yang dipakainya, Herman menjawab bahwa mobil itu bukan miliknya. Ia cuma menyewa agar mempermudah transportasi pulang-perginya dari tempat mengemis ke rumah.

"Bukan itu bukan mobil saya, saya cuma nyewa dari rental buat nganter pulang pergi. Soalnya kalau naik kendaraan umum, kaki saya suka sakit, jadi saya nyewa mobil," kata Herman, kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Herman menambahkan, mobil itu disewa setengah hari dengan harga Rp80 ribu berikut sopir. Tugas sopir itu hanya mengantar Herman ke tempat yang dituju, kemudian kembali dijemput siang hari. "Saya sewa Rp80 ribu setengah hari sama sopir. Saya setiap hari berangkat (ngemis) jam 6 pagi, kalau pulang jam 11-12 siang. Hari Jumat libur," jelasnya.

Herman sendiri sudah mengemis di Kota Bogor sejak tahun 1980-an. Sehari-hari, ia bisa mendapat uang dari pengendara sekitar Rp100-150 ribu. "Uang itu buat kebutuhan sehari-hari. Saya tinggal sama anak, dia kerja jadi petugas kebersihan di Pamulang. Karena uang gaji anak saya cuma Rp800 ribu, tidak cukup, jadi saya ngemis," tambahnya.

Saat fotonya viral dan dianggap memakai mobil pribadi saat pergi mengemis di persimpangan jalan, Herman mengaku terkejut. "Saya memang mengemis pakai mobil, tapi itu mobil rental bukan punya saya pribadi. Saya keget ada berita saya di Facebook ada yang bilang orang kaya, juragan angkot itu enggak benar," tandasnya.

Rekomendasi