Hujan Deras di Pekanbaru, 5 Titik Terendam, BPBD: Karena Sungai Dangkal

| 29 Mar 2021 20:00
Hujan Deras di Pekanbaru, 5 Titik Terendam, BPBD: Karena Sungai Dangkal
Banjir Pekanbaru

ERA.id - Sebanyak lima titik di wilayah Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, yakni Tangor, Sungai Batak, Cengkeh, Attaya, di Bukit Raya, dilanda banjir akibat hujan deras melanda Kota Pekanbaru dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir.

"Hari ini kami tinjau lima titik banjir, kalau kemaren ada satu titik di Jalan Cengkeh, sekarang bertambah menjadi lima titik yakni di Tangor, Sungai Batak, Cengkeh, Attaya di Bukit Raya semua, dan di Tenayan Raya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Chandra saat meninjau kelima lokasi banjir tersebut di Pekanbaru, Senin (29/3/2021).

Pennyebabnya karena lokasi banjir berada di pinggiran Sungai Sail yang banyak terdapat permukiman warga. Lagi pula, Sungai Sail juga mengalami pendangkalan.

"Terjadi pendangkalan di Sungai Sail. BPBD Kota Pekanbaru akan berkoordinasi dengan PUPR untuk menormalisasi sungai, agar dapat menampung dan mengalirkan air di sepanjang Sungai Sail," kata Zarman Chandra.

Selain itu, Zarman juga kembali mengimbau warga jangan membuang sampah sembarangan terutama di aliran sungai karena akan menambah penimbunan material ke sungai.

Pemerintah Provinsi Riau, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau terus mengantisipasi terjadinya bencana banjir di Riau. Sebab saat ini Riau mulai masuk musim penghujan, sehingga sejumlah wilayah yang langganan banjir harus diantisipasi sejak sekarang.

"Sekarang ini sedang masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan, April 2021 masuk musim hujan," kata Kabid Kedaruratan, BPBD Riau, Jim Ghafur.

Setelah itu, katanya, pada Mei sampai Juni 2021, mulai masuk kemarau lagi, karenanya BPBD Riau sudah melakukan antisipasi, pelaralatan, logistik dan semua personel sudah disiapkan.

Jim mengatakan kini pihaknya sudah mendistribusikan sejumlah peralatan dan logistik ke daerah yang sudah terendam banjir. "Seperti tadi kita sudah terjunkan tim dan peralatan ke beberapa titik banjir di Pekanbaru di Tenayan Raya. Tim sudah diturunkan di lokasi dan melakukan evakuasi," kata Jim. 

Tags : banjir riau
Rekomendasi