Kuatnya Ledakan di Kilang Pertamina Balongan Buat Kaca Masjid Ini Pecah Berhamburan

| 29 Mar 2021 21:00
Kuatnya Ledakan di Kilang Pertamina Balongan Buat Kaca Masjid Ini Pecah Berhamburan
Suasana rumah warga yang rusak karena terdampak ledakan yang terjadi saat kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021).

ERA.id - Tangki T-301G Kilang Pertamina RU VI Balongan, di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada dini hari, Senin (29/3/2021). Bukan cuma terbakar, ledakan juga terjadi di lokasi yang tidak begitu jauh dari Kota Indramayu tersebut.

Hasilnya, beberapa korban dilarikan ke rumah sakit. Warga pun diungsikan dan dibawa menjauh dari titik tersebut. Bukan hanya itu, rumah ibadah dan rumah warga juga ikut rusak.

Seperti yang terjadi di Masjid Baitur Rohiem yang berada di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan. Dari sebuah video yang dikabarkan akun Instagram @indramayuterkini, kaca masjid sampai pecah. Diduga, kerusakan itu karena getaran dari ledakan tangki atau kilang di Pertamina Balongan. Dalam video itu pula, tampak beberapa pemuda membersihkan serpihan kaca tersebut. Bukan cuma Baitur Rohiem, Masjid Sukaurip Indramayu juga rusak. Kacanya juga pecah berkeping-keping.

Sementara soal rumah yang rusak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengaku masih terus mendata. "Untuk rumah kita masih melakukan pendataan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu Dodi Dwi Endrayadi di Indramayu, Senin.

Menurut dia untuk desa yang terdampak, terdapat di lima desa yaitu Desa Balongan, Rawadalem, Sukareja, Tegalurung, dan Desa Sukaurip. "Yang terdampak ini ada lima desa dan warganya rata-rata mengungsi," katanya.

Saat ini pihaknya masih terus berupaya melakukan pendataan, terutama untuk masalah kemanusiaan, mengingat bencana seperti saat ini memerlukan penanganan yang lebih baik. "Kita masih fokus penanganan warga yang menjadi korban," demikian Dodi Dwi Endrayadi.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Rekomendasi