Kondisi dan Posisi Terkini KRI Nanggala-402: Diam dan Tak Ada Suara

| 23 Apr 2021 14:56
Kondisi dan Posisi Terkini KRI Nanggala-402: Diam dan Tak Ada Suara
KRI Nanggala (Dok. TNI AL)

ERA.id - TNI masih terus mencari kapal selam KRI Nanggala-402 yang mengalami blackout di perairan utara Bali kemarin. Hingga kini belum dipastikan kondisi 53 awak yang ada di dalam kapal selam buatan Jerman tahun 1979 tersebut.

KRI Nanggala-402 diperkirakan tengah dalam posisi diam. Namun, tim pencarian tidak bisa menangkap suara apapun dari posisi yang diduga menjadi titik kapal selam tersebut.

Menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Achmad Riad, penyisiran pencarian kapal selam di Perairan Bali sudah dilakukan.

Namun, tidak tertutup kemungkinan KRI Nanggala-402 terbawa arus bawah laut di sekitar wilayah yang diperkirakan.

"Karena kebetulan kapal selam sudah diam, nggak ada suara hanya sonar yang bisa tangkap," ujar Riad dalam jumpa persnya, Jumat (23/4/2021).

Untuk luas pencarian, Riad menjelaskan TNI masih berkonsentrasi di wilayah Bali Utara. Hal tersebut dilakukannya lantaran adanya temuan tumpahan minyak di area tersebut.

TNI saat ini telah mengerahkan 21 KRI termasuk KRI Alugoro untuk melakukan pencarian. Selain itu, pihak kepolisian juga turut membantu dengan menyediakan empat kapal yang dilengkapi dengan ROV atau unit drone dan sonar dua dimensi.

Sementara untuk bantuan dari negara lain, lanjut Riad, diperkirakan akan tiba pada sore ini.

Rekomendasi