Kasus COVID-19 di Solo Melonjak, Gibran Bakal Kaji Pelarangan Mudik Lokal

| 27 Apr 2021 19:21
Kasus COVID-19 di Solo Melonjak, Gibran Bakal Kaji Pelarangan Mudik Lokal
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana kembali mengkaji aturan mudik lokal. Pasalnya selama beberapa waktu belakangan, terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 di kota Solo.

Hal ini disampaikan Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo pada Selasa (27/4). Gibran akan mengkaji lebih lanjut terkait potensi mudik lokal yang dilakukan masyarakat.

”Keputusannya minggu depan. Kalau sejauh ini masih boleh, tapi kita juga harus melihat lagi. Soalnya kanan dan kiri kita (kabupaten sekitar) juga lagi naik,” katanya.

Ia juga akan meninjau perkembangan lebih lanjut terkait aturan mudik ini. Terutama melihat kabupaten yang ada di wilayah Solo Raya.

”Tetangga-tetangga kita kan juga lagi naik semua. Nanti kita evaluasi lagi,” ucapnya.

Untuk itu ia meminta masyarakat untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya berkumpul, seperti tarawih, buka bersama hingga halal bi halal. Termasuk masyarakat diminta untuk mengurangi kegiatan keliling kampung saat lebaran atau menggelar acara open house. ”Kita tunda dulu lah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Harian (Plh) Satgas Covid-19 Kota Solo Ahyani mengatakan akan mengupayakan pembatasan dan pendisiplinan protokol kesehatan di masyarakat. Terutama saat ada pemudik atau pendatang yang baru datang ke lingkungan.

”Masyarakat sudah mulai abai. Tapi sebenarnya yang penting adalah mengenakan masker saat ada kerumunan, syukur-syukur dobel,” katanya.

Rekomendasi