Unik! Bermodalkan Speaker, Cara Adlinawari Menagih Bikin Seorang Nasabah di Lampung Kapok Berutang

| 04 May 2021 19:00
Unik! Bermodalkan Speaker, Cara Adlinawari Menagih Bikin Seorang Nasabah di Lampung Kapok Berutang
Adlinawari saat menagih utang

ERA.id - Biasanya kolektor atau penagih utang mendatangi nasabah yang menunggak dengan cara menagih pakai marah-marah. Namun, hal itu enggan dilakukan seorang pegawai koperasi asal Lampung, Adlinawari (21).

Menangih utang, ia tidak pakai mencak-mencak, cuma bermodalkan speaker. Karena unik, cara menagih Adlinawari mencuri perhatian netizen di TikTok.

Kisah penagihan utang itu memang diunggah Adlinawari di akun TikToknya, @adli_nawari yang bisa dilihat di sini. Sebulan lalu, Kamis (22/4/2021), Adli memang tampak mendatangi rumah nasabahnya.

Di sana, Adli melihat warga yang sedang karaoke. Nah, muncul ide "gila" Adli, bagaimana jika misalnya ia meminjam mikrofon agar suaranya terdengar saat menagih utang pada nasabah?

Cara itu pun langsung dilakukannya. Mikrofon kemudian dipinjam. Modal nekat, ia berteriak kencang di depan rumah nasabah dan membahas utang memakai mikrofon.

Usai menagih, Adli mengaku puas sebab sebelum ia tak pernah menggunakan speaker untuk menagih utang. "Enggak pernah pakai speaker, ide tiba-tiba muncul," ujarnya dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu (1/5/2021) silam.

Sebenarnya, Adli berinisiatif "mempermalukan" nasabahnya karena si nasabah  tak bisa ditemui beberapa hari sebelumnya. Bahkan, si nasabah pernah kabur saat bertemu dengannya.

"Saya menagih utang sudah beberapa hari enggak pernah ketemu," ungkapnya.

"Sekalinya ketemu malah nasabahnya kabur," sambung dia.

Walau begitu, Adli mengaku, nasabah tersebut hanya tertawa saat melihat aksi Adli bersama speaker tetangga yang dipinjamnya. Mungkin karena malu bercampur lucu, si nasabah langsung membayar lunas utangnya ke Adli. "(Nasabah) kesal campur ketawa. Iya, dia bayar lunas," bebernya.

Soal kontennya itu yang diunggah ke TikTok, ia tidak tahu akan meledak seperti sekarang ini. "Saya sering mengunggah video di TikTok cuma untuk hiburan saja," katanya.

"Saya enggak tahu viewers-nya bisa meledak," tambah Adli.

Lalu bagaimana respons warganet menanggapi cara tak lazim menagih utang ala Adli ini?

"Gua dukung yang nagih, soalnya gua pernah utangin orang tanpa bunga gak dibayar sampai sekarang bikin kesel, jawabnya entar diusahain entar diusahain."

"Kreatif, enggak perlu pakai urat nagihnya, cukup pakai mic, speaker, upload TikTok."

"Punya utang ya harus dibayar, mau itu riba atau enggak, kenapa dia pinjem, kan udah tahu dari awal perihal bunga, ketentuan dll."

"Pas minjem pasang muka sedih, pas ditagih pasang muka galak."

Rekomendasi