11 Tugas Teller Bank, Tidak Hanya Sekadar Melayani Nasabah

| 24 Sep 2022 21:32
Teller Bank Mandiri (Antara)

ERA.id - Tidak hanya menghitung uang dan melayani nasabah, namun seorang teller bank yang baik juga memiliki berbagai keterampilan khusus. Apakah Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut? Apa saja tugas teller bank yang harus dipenuhi?

Menurut Ikatan Bankir Indonesia (2014:3), Teller adalah petugas Bank yang bekerja di front liner banking hall untuk melakukan transaksi langsung dengan nasabah dalam bentuk penerimaan atau penarikan baik berupa transaksi tunai/non tunai dan melakukan pembukuan ke dalam sistem Bank.

Selain itu, teller bank adalah salah satu petugas yang memiliki beberapa tanggung jawab diantaranya menerima simpanan, mencairkan cek, memberikan jasa pelayanan perbankan, dan tanda tangan pengesahan kasir.

Teller dapat dikategorikan sebagai karyawan bank yang bertanggung jawab terhadap lalu lintas uang tunai. Teller juga merupakan salah satu jabatan yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan transaksi keuangan tunai dengan nasabah di counter money.

Tugas Teller Bank

  1. On Time

Seorang Teller yang baik harus datang tepat waktu sesuai jam masuk, memastikan semua perlengkapan berfungsi baik(alat penghitung uang, alat pengecek uang palsu, pulpen, dan sebagainya)

  1. Ramah

    Teller bank melayani nasabah (Twitter)

Apabila ada nasabah maka harus bersikap ramah, memberi greeting (selamat pagi/siang/sore, mengucapkan terima kasih jika sudah selesai), memberi senyum di awal dan akhir pertemuan. Menjaga penampilan berbusana sesuai standar bank (meja

kerja, baju rapi, rambut rapi, mengenakan ID card, dsb.).

  1. Menghitung Uang

    tugas teller bank menghitung uang (Twitter)

Jika ada nasabah ingin setor/tarik tunai maka teller wajib menghitung uang, mengkonfirmasikan jumlah uang kepada nasabah, melakukan perhitungan uang di depan nasabah.

Teler juga bertugas melakukan pembayaran non tunai/tunai kepada nasabah yang bertransaksi dan melakukan update data transaksi di sistem komputer bank. Setelah selesai proses setor/tarik tunai teller wajib memberikan slip kuitansi kepada nasabah yang dan menandatanganinya sebagai tanda tangan pengesahan.

  1. Menerima Setoran

Teller juga bertugas menerima setoran tabungan nasabah dan melakukan pembukuan.

  1. Cek Data

Teller memeriksa apakah cara mengisi slip/warkat sudah benar baik pengisian nomor rekening, nama pemilik rekening, dan nominal. Selain itu juga harus mencocokan spesimen dengan contoh pada buku tabungan.

  1. Menghitung Uang

Terima dan hitung uang yang disetor nasabah dengan cepat tepat di depan nasabah. Jika perlu gunakan mesin hitung uang. Periksa keaslian uang jika perlu gunakan alat deteksi.

  1. Pembukuan

Tugas teller selanjutnya adalah membukukan transaksi tersebut kedalam program Olibs pada menu.

  1. Menyiapkan Bukti Transaksi

Siapkan warkat pada printer untuk divalidasi sebagai bukti transaksi.

  1. Membubuhkan Paraf

Bubuhkan paraf teller pada warkat dan warkat untuk nasabah diberi stempel bank.

  1. Pandai Mencari Jalan Keluar

Teller harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang

dihadapi oleh nasabahnya.

  1. Meyakinkan Calon Nasabah

Teller dalam melayani para nasabah selalu berusaha menarik dengan cara menyakinkan para calon nasabah agar mereka merasa aman dan nyaman dalam transaksi tunai dan non tunai. Selain itu teller juga harus dapat menjaga nasabah lama agar tetap menjadi nasabah bank dan menjaga nasabah baru yang baru menggunakan fasilitas bank.

Selain tugas teller bank, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi