Aksi Gibran Keliling Pasar Pantau Harga Sembako Jelang Lebaran

Tim Editor

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Raka bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) meninjau kondisi harga dan pasokan bahan pokok. Tinjauan ini sebagai persiapan dan antisipasi menjelang lebaran.

”Tadi saya cek di Pasar Nusukan, kondisinya cukup bagus,” ujar Gibran usai meninjau Pasar Nusukan, Kamis (6/5).

Dari pantauan yang dilakukan TPID terpantau harga daging ayam Rp 38 ribu/kg. Harga ini terpantau naik sebab sebelumnya daging ayam Rp 35 ribu/kg.


”Ini wajar karena mau lebaran gini. Tapi saya lihat banyak barang yang harganya stabil, hanya minyak goreng yang naik sedikit,” katanya.

Menurutnya saat ini kondisi ekonomi di kota Solo cukup membaik. Sebab dari pantauan TPID, inflasi di kota Solo saat Ramadan ini di angka 0,02 persen. ”Ketersediaan barang juga tercukupi,” ucapnya.

Sementara itu ditambahkan oleh Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Solo Nugroho Joko Prastowo bahwa saat ini capaian inflasi 0,02 persen. Angka ini lebih rendah dari bulan sebelumnya yang tercatat 0,16 persen.

”Bulan ini angka inflasi Solo terendah kedua se-Jawa Tengah. Kita hanya kalah dari Kudus yang mengalami deflasi,” jelasnnya.

Untuk komoditas yang mengalami inflasi yakni daging ayam dan telur ayam ras. Sementara itu banyak komoditas yang justru mengalami deflasi, diantaranya cabai rawit, cabai merah dan bawang merah.

”Kondisi ini terjadi karena di beberapa daerah yang menjadi pemasok komoditas mengalami panen,” ujarnya.

Sementara untuk beberapa komoditas harganya terpantau stabil, diantaranya beras, bawang putih, daging sapi, dan gula pasir. ”Untuk pasokan barang, saat ini semua mencukupi,” ucapnya.

Tag: gibran rakabuming raka Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Bagikan: