Tes Acak di Solo Grand Mall, 4 Orang Ternyata Positif COVID-19

| 11 May 2021 16:45
Tes Acak di Solo Grand Mall, 4 Orang Ternyata Positif COVID-19
Tim DKK Solo (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Tim Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo melakukan tes acak di pusat perbelanjaan. Dari kejadian ini ditemukan empat orang yang positif Covid-19.

Public Relation Solo Grand Mall, Ni Wayan Ratrina menjelaskan bahwa awalnya DKK Kota Solo melakukan tes acak di mal. Dari tes acak ini ditemukan ada satu orang yang positif Covid-19.

”Tes acaknya kemarin, ada satu yang positif, yang bersangkutan langsung dibawa oleh Dinas Kesehatan,” kata perempuan yang akrab disapa Ina ini.

Berdasarkan kejadian ini Pemkot Solo langsung melakukan penelusuran kasus hari ini. Ratusan karyawan dan mitra kerja dites antigen oleh Dinas Kesehatan Kota.

”Total karyawan dan mitra kerja kami ada 800 orang. Tapi tidak semua, sebab sebagian karyawan kami ada yang libur atau shift malam,” katanya.

Selain itu Pemkot Solo juga melakukan penyemprotan disinfektan di mal. Penyemprotan dijadwalkan dua kali, yakni pagi dan malam. sementara itu mal tetap beroperasi secara normal.

”Tapi kami tetap mengutamakan prokes. Mulai dari pintu masuk menggunakan cek suhu, wajib pakai masker dan wajib cuci tangan. Prokes tentunya kami nomor satukan,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Harian (Plh) Penanganan Covid-19 Kota Solo Ahyani mengatakan telah melakukan penelusuran pasca ada satu orang yang Covid-19. Dari rapid antigen secara massal di SGM, ada tiga orang yang ditemukan positif Covid-19.

”Makanya malam kami lakukan penyemprotan disinfektan lagi. Untuk mereka yang positif langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan,” katanya.

Selain itu Pemkot Solo mengambil tindakan dengan menutup tenant yang selama ini digunakan untuk beraktivitas. ”Tenant-nya di lantai tiga, di food court,” katanya.

Saat ditanya terkait penutupan mall secara total, hal ini tidak akan dilakukan Pemkot Solo. Sebab dengan penutupan secara total juga akan menghambat perekonomian.

”Kita tingkatkan protocol kesehatannya saja. Ini juga berlaku pada pusat perbelanjaan lainnya,” ujarnya.

Selain itu Pemkot Solo tetap akan standby hingga lebaran. Mereka akan bertindak ketika ada kejadian seperti di Solo Grand Mall. ”Meski lebaran semua akan langsung kami tindak lanjuti,” katanya.

Rekomendasi