Tes Swab di Kebun Binatang, 2 Orang Positif COVID-19

Tim Editor

Swab Antigen (Anda Mahardhika/era.id)

ERA.id - Dua warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinyatakan positif COVID-19, dari hasil rapid tes secara acak yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung di Kebun Binatang Bandung, Minggu (16/5).

Sebelumnya, Kebun Binatang Bandung dipadati banyak wisatawan mulai dari H+2 lebaran sampai akhirnya pada puncak libur lebaran pada hari Minggu lalu. Melihat membludaknya kawasan tersebut, pemerintah Kota Bandung dan Dinas Kesehatan Kota Bandung mulai lakukan pengecekan rapid antigen.

Bukan hanya di Kebun Binatang, objek wisata lain seperti mal, Taman Lalu Lintas, Karang Setra dan Saung Angklung Udjo menjadi tempat digelarnya tes rapid antigen.


Dari hasil tes yang dilakukan di Kebun Binatang, teridentifikasi dua orang wisatawan yang berasal dari Kabupaten Bandung Barat.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Eisenhower Sitanggang membenarkan jika ada dua warga KBB yang positif COVID-19 saat berkunjung ke Kebun Binatang Bandung.

"Ya ada dua warga KBB yang terkonfirmasi COVID-19 waktu rapid test antigen di Kebun Binatang Bandung. Mereka warga Padalarang," ungkap Eisenhower kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk melakukan penanganan lanjutan terhadap kedua warga tersebut.

"Saat ini keduanya sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya karena masuk kategori pasien tidak bergejala," bebernya.

Dirinya juga menjelaskan, saat ini dilakukan tracing kepada orang-orang terdekat dari kedua orang yang terpapar COVID-19 tersebut.

Selain itu, dia akan mengumpulkan data orang-orang yang berpotensi terpapar COVID-19, khususnya di lingkungan tempat keduanya berasal.

"Sedang kita data juga, berapa jumlah pelaku perjalanan liburan atau ke luar daerah asal KBB yang libur lebaran kemarin dan terkonfirmasi positif COVID-19. Hal ini untuk memudahkan penanganan dan tracing di lingkungan sekitar mereka," tandasnya.

Tag: covid-19 swab test kebun binatag bandung kabupaten bandung barat

Bagikan: