Rapid Tes Acak Libur Lebaran di Bandung, Taman Lalu Lintas Penyumbang Terbanyak Positif COVID-19

| 21 May 2021 09:15
Rapid Tes Acak Libur Lebaran di Bandung, Taman Lalu Lintas Penyumbang Terbanyak Positif COVID-19
Taman Lalu Lintas (Dok. Antara)

ERA.id - Sebanyak 36 orang terpapar COVID-19 dari hasil tes rapid yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bandung, selama libur lebaran mulai tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021.

Kadinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan jumlah tersebut berasal dari 14 titik lokasi pemeriksaan, yang terdiri objek-objek wisata di kota Bandung, kemudian pintu tol keluar masuk ke Bandung.

"Kami melakukan pemeriksaan tes rapid secara acak mulai dari pintu gate tol hingga lokasi wisata tercatat 36 orang positif COVID-19" papar Ahyani dalam diskusi Bandung Menjawab, di Balai Kota, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Kamis (20/5/2021).

Secara terperinci, 36 orang yang terpapar COVID-19 terdiri dari 2 orang dari gate tol Muhammad Toha, 7 orang dari Kebun Binatang Bandung, 23 orang dari Taman Lalu Lintas, dan 4 orang dari pendemo.

"Diantara tempat-tempat tersebut, Taman Lalu Lintas merupakan tempat yang menyumbang angka terbanyak, mereka yang terpapar di sana merupakan OTG," jelasnya.

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau agar masyarakat melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) pada setiap aktivitas.

"Entah pada saat keluar masuk kota atau juga wisata," ujarnya.

Terpaparnya 36 orang tersebut, pihaknya mengaku tengah melakukan tracing dan juga pemantauan orang-orang dekat yang terkena.

"Saat ini sudah ditangani pihak-pihak setempat. Karena tidak semua warga Kota Bandung, ada juga yang berasal dari Cimahi, KBB, dan Kabupaten Bandung," kata dia.

Rekomendasi