Usai Foto "Panas" Tersebar, Ferdinand Hutahaean Dihujat Lagi Soal Thailand Masuk Nusantara

| 24 May 2021 14:17
Usai Foto
Ferdinand Hutahaean

ERA.id - Beredar foto "panas" Ferdinand Hutahaean di Twitter. Hal itu ramai dikomentari warganet usai Ferdinand menulis cuitan soal kebudayaan orang Minang.  

Dalam cuitan itu, Ferdinand berpesan sarkas bahwa budaya luhur yang ada di Indonesia jangan sampai rusak karena pendatang yang datang. 

"Gadis Minang dengan busana adat Minang. Anggun, cantik nan ayu, rancak bana..!! Budaya Minang menempatkan wanita sangat mulia, sangat terhormat. Lestarikan jaga budaya luhur ini, jangan sampai dirusak oleh dogma2 pendatang ke negeri ini. (Foto nyomot dr FB)," tulis akun Twitter @FerdinandHaean3. 

Setelah itu, netizen bernama akun @DonAdam68 langsung mengutip cuitan Ferdinand itu. Sambil menyindir Ferdinand, Adam juga mengirim foto Ferdinand yang sedang memakai celana dalam atau sempak berwarna merah dan tak berbaju.

Ferdinand Hutahaean memakai celana dalam merah

Tidak lama, mantan politikus Partai Demokrat, Ferdinand lagi-lagi "dirujak" warganet karena cuitannya yang menyebut foto perempuan Thailand  memakai baju adat Nusantara.

Setelah dihujat habis-habisan, Ferdinand langsung mengklarifikasi bahwa Thailand memang termasuk ke dalam Nusantara, sebab dulu pernah dikuasai oleh Kerajaan Majapahit.

“Majapahit adalah sebuah kerajaan besar di Jawa Timur, sekitar tahun 1293- 1527 M. Majapahit mencapai kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah Nusantara pada masa Hayam Wuruk,” kata Ferdinand melalui akun Twitter-nya pada Senin, 24 Maret 2021.

“Wilayah Nusantara meliputi Indonesia, Malaisya, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunai, Timor,” tambahnya.

Meski sudah mengklarifikasi, netizen belum bisa menerima. “Sudah ketebak, ngelesnya bakal kesini,” kata Chef_life24.

“Makin ngeles makin kelihatan….,” kata @Bayup3rmana.

“Hahahaha. Ngeles aja lu. Itu tahun berapa?” kata @YusheDunga3.

Sebelumnya, Ferdinand mengunggah foto para perempuan yang menggunakan baju adat Nusantara. Selain itu, ia juga memujinya.

Namun, salah satu unggahannya dikritik sebab memajang foto perempuan berbaju adat Thailand.

“Di Bumi Nusantara, banyak bidadari yang mempercantik keindahan alam dan budayanya. Jangan mau dirusak dogma-dogma barbar pembenci budaya Nusantara,” tulis Ferdinand.

Cuitannya itu langsung dibanjiri netizen hingga mencapai seribu lebih komentar dan re-tweet. “Woyyy Bro. Ini bukan bidadari cantik dari Nusantara, tapi penari dari Thailand. Akhh. Elo. Ntar itu orang Thai pada protes lagi. Jangan bikin malu orang Indonesia ahhh. HAPUSSS. Begok amat sih elo,” kata @IanFares21.

“Niatnya mau pamer budaya Indonesia. Eh, ternyata budaya Thailand. Budayakan belajar sebelum mengshare,” kata @Faruqeladzakyy.

Bukan hanya netizen, mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu juga turut menanggapi. “Thailand masuk Nusantara?” kata Said Didu dengan menambahkan tagar ‘SMAnya di mana’.

Rekomendasi