Jumlah Kasus COVID-19 di Kelurahan Sumber Makin Bertambah, Gibran: Lockdown Diperpanjang

| 24 May 2021 19:00
Jumlah Kasus COVID-19 di Kelurahan Sumber Makin Bertambah, Gibran: Lockdown Diperpanjang
Karantina wilayah di RW 7 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menetapkan memperpanjang karantina wilayah di RW 7 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Hal ini dilakukan karena kasus positif COVID-19 dari klaster buka puasa bersama di Sumber bertambah lagi.

"Iya tambah sembilan," kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (24/5/2021).

Saat ini semua warga di RW 7 yang ada di Kelurahan Sumber yang dinyatakan positif COVID-19 telah dibawa ke Asrama Haji Donohudan. Rencananya Pemkot Solo juga akan memperpanjang karantina wilayah di lingkungan ini.

"Tracing dan testing juga kami perluas," katanya.

Sebagai informasi klaster buka bersama di kelurahan Sumber dimulai dua hari sebelum lebaran. Klaster ini berada satu RW dengan kediaman Wali Kota Solo Gibran dan kediaman Presiden Joko Widodo.

Awalnya ada 25 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Kemudian Pemkot Solo melakukan tracing dan kemudian ada penambahan 16 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, ada satu lagi penambahan kasus positif. Dan terakhir ada ada sembilan orang lagi yang dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu Ketua Satgas COVID-19 Kota Solo Ahyani mengatakan Pemkot Solo akan memperluas tracing. Pasalnya saat ini sudah ada warga dari RT lain yang juga terkonfirmasi positif COVID-19 akibat tertular klaster ini. Awalnya penularan kasus hanya terjadi di RT 6 saja.

"Sekarang RT 5 ada satu orang dan RT 3 ada satu lagi," katanya.

Saat ini Pemkot Solo terus berupaya untuk melakukan tracing dan testing. Harapannya agar semua kasus positif COVID-19 bisa segera diketahui dan ditangani.

"Karantina juga kami perpanjang sampai semua kasusnya selesai. Saat ini sebagian warga sudah berangsung sembuh dan diperbolehkan pulang dari Asrama Haji Donohudan," ucapnya.

Rekomendasi