Pemkot Makassar Turun Tangan Urus Drainase Tersumbat, Danny: Ini Tugas Pemprov Susel

Tim Editor

Danny Pomanto (Ist)

ERA.id - Protes warga yang memblokade jalan menggunakan ban truk bekas beberapa waktu lalu di Jalan Tamangapa, Antang, Kota Makassar, direspons Wali Kota Danny Pomanto dengan kunjungan.

Danny menyebut kalau masalah tersebut adalah tanggungan Pemprov Sulsel. "Warga Kecamatan Manggala mmeprotes Dinas PU Provinsi karena tidak adanya perhatian dan respons terkait genangan air yang sudah berlangsung selama 5 tahun di atas jalan raya Tamangapa Raya yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Sulsel," sebut Danny saat mengunjungi lokasi genangan air, Senin (24/5/2021). 

Tak kunjung diberi solusi, Danny mengatakan pihaknya langsung menginstruksikan Dinas PU Kota Makassar untuk segera menurunkan alat berat demi mengeruk material tanah yang menyumbat drainase penyebab genangan air.

Kata Danny, sejak hari Minggu kemarin, Dinas PU Makassar turun beserta alat beratnya langsung mengeruk. "Saya sampaikan kepada warga bahwa pemerintah turun untuk memberikan solusi atas keluhan warga," ungkap Wali Kota Makassar dua periode ini. 

"Secara kewenangan karena ini jalan provinsi tentu ini menjadi tugas Pemprov, tetapi kita tidak inginkan ada hal seperti ini kemudian kita biarkan. Saya pastikan tindakan Dinas PU Makassar saat ini sebuah wujud tanggung jawab sebagai pemerintah, kita bantu Dinas PU provinsi dulu," jelasnya. 

Sebab masalah itu pula, Danny pun tak segan meminta Dinas PU Makassar maksimal dalam menyelesaikan tugas darinya sebagai Wali Kota Makassar. "Saya menginginkan normalisasi drainase ini harus tuntas, saya tidak mau ada hal-hal seperti ini yang merugikan masyarakat. Selanjutnya, saya akan berkoordinasi dengan Plt Gubernur Sulsel untuk langkah selanjutnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman sempat merespons keluhan warga Tamangapa itu lewat akun Instagram miliknya. 

Melalui @andisudirmansulaiman, Plt Gubernur Sulsel itu mengaku jika sumbatan pada drainase yang ada pada perumahan di sekitar, memang ditutup. 

Akibatnya air dari saluran drainase meluap hingga ke jalan raya dan diprotes oleh warga.  "Indikasi awal penyebab genangan karena saluran keluar yang melintasi perumahan ditutup," aku Plt Gubernur Sulsel, Senin (24/5/2021). 

Andi Sudirman mengatakan, saat ini PPTK UPT Pemprov Sulsel sedang berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar untuk segera menangani luapan air dari drainase tersumbat tersebut. 

"PPTK UPT (Pemprov Sulsel) sedang berkoordinasi dengan PU Kota Makassar dan melakukan penanganan sementara pada area saluran drainase tempat genangan," kata Andi. 

Adik mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini menuturkan jika masalah genangan air yang diprotes warga tersebut segera diberikan solusi secara permanen.  "Sehingga butuh sinergitas bersama provinsi dan kota," sebut Andi Sudirman Sulaiman.

Tag: makassar Danny Pomanto jalan tergenang

Bagikan: