Angin Puting Beliung Terjang Deli Serdang, Belasan Rumah Rusak

| 31 May 2021 21:16
Angin Puting Beliung Terjang Deli Serdang, Belasan Rumah Rusak
Kondisi salah satu rumah warga di Desa Marindal II yang diterjang angin Puting Beliung (Muchlis/era.id)

ERA.id - Hujan deras dan angin puting beliung menerjang Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Akibatnya 12 rumah di Desa Marindal II, Kecamatan Patumbak, rusak.

Kepala Desa Marindal II, Jufri Antoni mengatakan, peristiwa terjadi pada Minggu (30/5/2021) siang. Hujan disertai angin kencang itu mulai menerjang pada pukul 14.00 WIB.

"Ada 12 rumah warga yang terdampak yakni dari mulai rusak ringan hingga rusak berat," kata Jufri, Senin (31/5/2021).

Dia menjelaskan, belasan rumah yang terdampak tersebut berada di Dusun II, III, IV dan Dusun IX. Kondisi rumah warga yang paling parah yang terdampak yakni atap rumah terangkat dan porak poranda.

"Setelah hujan reda pada sore harinya baru lah kita lakukan pendataan. Jumlah warga yang terdampak kurang lebih 48 jiwa," ujarnya.

Pascakejadian pihak BPBD dan kecamatan langsung turun meninjau lokasi dan menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak.

Jufri mengatakan warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat terpaksa mengungsi ke tempat saudara atau tetangga.

"Memang tidak kita buat posko, tapi untuk bantuan langsung kita serahkan kepada warga. Untuk hari ini pihak Puskesmas sudah melakukan cek kesehatan kepada warga yang terdampak khususnya anak dan balita," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, beberapa rumah warga masih porak poranda akibat diterjang angin. Salah satu rumah yang terdampak parah yakni milik Epi boru Daulay di Dusun IX, Desa Marindal II.

Atap rumah terangkat dan terbang diterjang angin. Hanya atap teras rumah yang masih utuh yang dijadikan tempat mengevakuasi barang-barang seperti tempat tidur dan barang lainnya. Sementara beberapa barang yang tidak dapat diselamatkan basah kuyup.

Rekomendasi