Ridwan Kamil Tulis Jatim-Jabar Kompak Bersatu, Netizen Malah Singgung Pilpres

Tim Editor

Khofifah Indar Parawansa dan Ridwan Kamil

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Sabtu lalu, mengunjungi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kunjungan itu sebagai adalah balasan karena bulan lalu, Khofifah ke Jawa Barat.

Saat bertemu Khofifah, Ridwan Kamil membahas soal kerja sama antara dua provinsi ini, serta rancangan masjid yang diminta oleh Khofifah.

"Beragam kerja sama antara 2 provinsi dikuatkan dan ada satu yang personal yaitu dimintakan untuk mendesain masjid di Islamic Center Jawa Timur," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram pribadinya.

Tak hanya itu, momen pertemuan mereka juga dianggap Ridwan Kamil sebagai kekompakan. "Semur babat dikasih opak dan ayam betutu. Jawa Timur dan Jawa Barat mah selalu kompak dan bersatu," terang pria yang karib disapa Kang Emil ini.

Tak lama, netizen pun menghubungkan pertemuan keduanya adalah konsolidasi Pilpres 2024. "Mantap nih menuju Indonesia juara 2024," tulis @balad90an.

"Pantun di bawah adalah sebuah kode ttg ga kompaknya dgn jawa tengah buat pilpres 2024," tulis @yushaaks.

Tanggapan Ridwan Kamil

Menanggapi hal itu, Emil mengaku heran setiap kunjungannya ke luar daerah dalam rangka kedinasan selalu ditafsirkan ke 2024 yang dikenal sebagai tahun politik.

"Tapi saya juga tidak bisa menyalahkan karena memang tak bisa dihindari," ujarnya.

Tahun 2024 disebut tahun politik karena dijadwalkan digelar pesta demokrasi secara serentak, yakni Pemilihan Umum Legislatif beserta Pemilihan Presiden, serta digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun sama.

Untuk diketahui, pertemuan antara Ridwan Kamil dan Khofifah merupakan kali kedua dalam kurun waktu dua bulan. Pertama pada 19 April 2021 di Jawa Barat, Khofifah bersilaturahim ke Gedung Sate di Bandung, kemudian hari ini di Gedung Negara Grahadi di Surabaya.

"Ini semata-mata sopan santun saya membalas kunjungan Ibu Gubernur Jatim ke Jabar dulu, plus ada agenda-agenda produktif yang bisa disinkronkan," ucap Emil.

"Nanti kalau sudah jelas-jelas, ya pasti media bisa melihat secara lebih objektif," kata dia menambahkan.

Sementara itu, Gubernur Jatim hanya tersenyum dan menjawab singkat ketika disinggung tentang wacana duet Khofifah-Ridwan Kamil di Pemilihan Presiden 2024.

"Ayo rek, ayo rek," kata Khofifah kepada wartawan ketika dikonfirmasi dan mengajak kembali Ridwan Kamil jalan melihat-lihat sejumlah sudut di Islamic Centre Surabaya.

Tag: ridwan kamil khofifah indar parawansa pilpres 2024 Gubernur Jawa Barat gubernur jawa timur

Bagikan: