Kolam di Pontianak Telan Korban Lagi, Kali Ini Truk Sampah Nyemplung di Dalamnya

| 07 Jun 2021 11:24
Kolam di Pontianak Telan Korban Lagi, Kali Ini Truk Sampah Nyemplung di Dalamnya
Truk pengangkut sampah yang masuk kolam air mancur Bundaran Digulis Untan Pontianak, dikeluarkan.

ERA.id - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota Pontianak, Kalimantan Barat, saat ini menyelidiki penyebab satu unit truk pengangkut sampah masuk kolam air mancur Bundaran Digulis Untan Pontianak.

"Tim kami sudah berada di tempat kejadian perkara, dan saat ini masih proses evakuasi truk yang masuk ke kolam air mancur tersebut," kata Kasatlantas Polresta Pontianak, AKP Rio Sigal Hasibuan di Pontianak, Senin (7/6/2021).

Dia menjelaskan, diduga kuat masuknya truk itu akibat kejadian kecelakaan lalu lintas tunggal sekitar pukul 04.10 WIB tadi pagi.

"Mobil Dinas Kebersihan Kota Pontianak itu dengan nomor polisi KB-8384-SD yang melaju dari arah Simpang Polda tujuan Bundaran Untan Pontianak dengan kecepatan tinggi sesampai di TKP menabrak trotoar jalan dekat lampu merah, sehingga hilang kendali dan masuk ke kolam air mancur Bundaran Digulis Untan Pontianak," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk sementara korban atau sopir truk pengangkut sampah itu masih belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam perawatan di Rumah Sakit Untan Pontianak yang lokasinya tidak jauh dari TKP tersebut.

"Akibat kecelakaan tunggal tersebut sopir truk pengangkut sampah itu mengalami luka robek di bagian kepala, dan dari hidung mengeluarkan darah sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit," tuturnya.

Pemerintah Kota Pontianak meresmikan kolam air mancur Bundaran Digulis Untan Pontianak tahun 2013.

Kolam air mancur tersebut di tengahnya terdapat tugu bambu runcing, kemudian dikelilingi air mancur berbagai bentuk dan variasi menyesuaikan dengan bambu runcing tersebut, serta ditambah lampu sorot dari bawah yang warnanya bisa berubah-ubah sehingga warna air mancurnya juga seperti berubah-ubah.

Waktu operasional air mancur itu setiap hari selama delapan hingga sepuluh jam. Kolam air mancur Bundaran Tugu Digulis Untan berdiameter 50 meter dilengkapi sebanyak 282 titik pemancar air terdiri dari semprotan lurus sebanyak 180 titik, sebanyak tiga titik semprotan bentuk kepiting, cerdas semprot enam titik, dan semprotan kabut sebanyak 90 titik, serta dilengkapi satu unit ruang filter, dan satu unit rumah kontrol.

Untuk diketahui, sebuah mobil juga pernah masuk ke dalam kolam pancuran Tugu Digulis Pontianak itu pada 2018 silam. Banyak yang bertanya-tanya mengapa mobil bisa sampai masuk kolam padahal separator di jalan cukup tinggi.

Berdasarkan keterangan dari Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Purwanto, saat itu, mobil menabrak trotoar dalam kecepatan tinggi hingga akhirnya masuk ke kolam.

"Lagi-lagi masok kedalam itu, ade ape sebenarnye di bundaran ni semoge tidak ada korban lagi," tulis @andysyahbandii di Instagram @dailypontianak mengomentari nyemplungnya truk sampah ke dalam kolam.

Rekomendasi