Penampakan Anggota KKB Papua Lekagak Telenggen Bawa Duit Rp370 Juta untuk Beli Senjata, Ditangkap Polisi di Bandara

| 16 Jun 2021 19:14
Penampakan Anggota KKB Papua Lekagak Telenggen Bawa Duit Rp370 Juta untuk Beli Senjata, Ditangkap Polisi di Bandara
Ratius Murib ((Antara)

ERA.id - Polisi mendapati fakta baru dalam penangkapan Ratius Murib alias Neson Murib (26). Dia menyuplai senjata api (senpi) dan amunisi untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri, mengungkapkan anggota KKB, Neson Murib sudah mengakui hal tersebut kepada penyidik. Dia merupakan pemasok senpi dan amunisi KKB.

"Senjata api dan amunisi ini untuk KKB pimpinan Lekagak Telenggen," kata Irjen Pol Mathius di Kota Jayapura, Papua, Selasa (15/6).

Sementara terkait uang Rp370 juta yang dibawa pelaku diduga untuk membeli senjata api serta amunisi, kata dia, sedang didalami petugas.

Ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Kapolda mengatakan bahwa penangkapan terhadap RM terjadi saat yang bersangkutan hendak melanjutkan perjalanannya ke Timika dengan menggunakan pesawat.

Sebetulnya, menurut Fakhiri, dari laporan yang diterima menyebutkan bahwa RM yang menggunakan pesawat Rimbun Air terbang dari Nabire ke Timika, Senin, 14 Juni dengan rute Nabire-Mulia (Puncak Jaya)-Timika.

Namun, sesampainya di Mulia, Senin, 14 Juni, pesawat mengalami gangguan sehingga pada hari Selasa, 15 Juni baru melanjutkan penerbangan.

"Pada saat itulah salah seorang anggota KP3 Bandara Mulia mengetahui keberadaan yang bersangkutan, kemudian melaporkan, lalu aparat menangkap RM," kata Fakhiri seperti dikutip dari Antara.

Rekomendasi