Daftar 11 Kejahatan Anggota KKB Papua yang Ditangkap Satgas Damai Cartenz

| 20 Feb 2024 21:30
Daftar 11 Kejahatan Anggota KKB Papua yang Ditangkap Satgas Damai Cartenz
Anggota KKB Alenus Tabuni alias Kobuter. (Istimewa)

ERA.id - Satgas Ops Damai Cartenz 2024 menyampaikan satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Alenus Tabuni alias Kobuter yang ditangkap di depan puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Minggu (18/2/2024) kemarin, merupakan anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni.

"Dapat kami sampaikan bahwa anggota KKB, Alenus Tabuni alias Kobuter yang kami amankan ini, merupakan kelompok dari KKB pimpinan Goliath Tabuni. Namun yang bersangkutan saat ini sedang bergabung bersama dengan KKB pimpinan Numbuk Telenggen di wilayah Puncak," Kaops Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani kepada wartawan, Selasa (20/2/2024).

Kepala Humas Satgas Ops Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno menambahkan, Alenus Tabuni telah melakukan banyak kejahatan sebelum akhirnya ditangkap. Misalnya terlibat dalam aksi pembakaran basecamp PT Unggul di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, pada 11 Februari 2021 lalu. 

"Dalam aksinya itu, ia berperan mengambil minyak tanah dari dalam dapur lalu menyiram dan membakar," ujar Bayu.

Berikut ini catatan kriminal lengkap Alenus Tabuni yang telah dilaporkan:

  1. 11 Februari 2021, terlibat dalam pembakaran basecamp PT Unggul di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak.
  2. 14 April 2021, terlibat dalam penembakan tukang ojek, Udin di dekat Balai kampung Eromaga yang mengakibatkan korban meninggal dunia.
  3. 24 April 2021, melakukan pemukulan terhadap kepala Distrik Gome, Nius Tabuni, di Distrik Gome, Kabupaten Puncak.
  4. 3 Mei 2021, terlibat dalam peristiwa penembakan anggota TNI di Kampung Undome, Distrik Gome, Kabupaten Puncak. Dari peristiwa tersebut korban selamat.
  5. 9 Mei 2021, terlibat dalam pembakaran bangunan pariwisata di sekitar Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.
  6. 11 Mei 2021, hendak melakukan pembakaran terhadap truk yang digunakan oleh aparat TNI-Polri di sekitar lokasi bagunan parawisata seputaran Bandara Aminggaru. Namun niatnya itu tidak terlaksana karena truk tersebut telah berpindah tempat.
  7. 3 Juni 2021, terlibat dalam penembakan terhadap Habel Alengpen yang mengakibatkan korban meninggal dunia.
  8. 3 Juni 2021, kembali melakukan perusakan dan pembakaran rumah warga dan sejumlah fasilitas di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak.
  9. 16 Agustus 2021, terlibat dalam kontak senjata dengan anggota TNI di Kampung Welenggaru dan kampung Kugibur, Distrik Gome Utara, Kabupaten Puncak.
  10. 18 Agustus 2021, terlibat dalam kontak senjata dengan anggota TNI di kampung Mundidok dan kampung Tuanggi, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Tidak ada korban dalam kontak tembak itu.
  11. 4 Februari 2024, terlibat dalam kontak tembak dengan aparat TNI-Polri pada area PT Unggul. Tidak ada korban dalam peristiwa itu.

"Peran lainnya dalam catatan kriminal di Kabupaten Puncak adalah, membantu pimpinan KKB, Numbuk Telenggen membawakan amunisi dan senjata api saat terjadi kontak tembak, termasuk menyimpan serta mengamankan amunisi beserta senjata api," tambah Bayu Suseno.

Saat ini Alenus Tabuni masih menjalani pemeriksaan secara intensif di Posko Operasi Damai Cartenz 2024.

Rekomendasi