Medan Siap Gelar Sekolah Tatap Muka, Bobby Nasution: Belajar dengan Teman dan Keluarga Berbeda

| 21 Jun 2021 17:13
Medan Siap Gelar Sekolah Tatap Muka, Bobby Nasution: Belajar dengan Teman dan Keluarga Berbeda
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat diyakini bisa dilakukan pada Juli 2021 di Kota Medan.

"Tentunya optimistis, tapi tetap harus melihat nantinya," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution saat memantau uji coba pembelajaran tatap muka di SMPN 1 Medan, Senin (21/6/2021).

Ia menyebut, pembelajaran akan lebih baik dilakukan secara tatap muka, karena mempertimbangkan psikologi siswa dan siswi. Pendidikan bukan hanya sekedar materi pembelajaran, tetapi juga bagaimana mengembangkan cara berkomunikasi dan sosialisasi siswa.

"Karena beda kita di rumah bersosialisasi dengan keluarga dan teman sebaya itu pasti sangat beda. Ini yang hari ini mungkin agak kehilangan bagi adik-adik karena mengikuti pembelajaran secara daring," ujarnya.

Menantu Presiden Joko Widodo ini meminta masing-masing sekolah untuk menerapkan aturan protokol kesehatan. Hal ini untuk memastikan nantinya pembelajaran tatap muka dapat berjalan dengan aman.

Beberapa aturan pelaksanaan pembelajaran tatap muka, yakni pembatasan jumlah siswa dalam ruangan, pelaksanaan hanya dua kali dalam satu minggu dan hanya berlangsung selama dua jam.

"Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak," katanya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Lisnawati memastikan, pembelajaran tatap muka di sekolah tersebut tetap dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan sudah 99 persen para tenaga pengajar di sekolahnya divaksinasi COVID-19 guna mendukung pembelajaran tatap muka.

"Tadi disampaikan Wali Kota, harus menambahkan wastafel untuk mencuci tangan di depan kelas masin-masing. Ini nanti akan kita tambahkan," ucapnya.

Rekomendasi